-->

Notification

×

dr. Mega Ingatkan Tiga Penyakit Penyebab Kematian

Thursday, 2 July 2020 | 06:21 WIB Last Updated 2020-07-01T23:21:17Z

SUBANG //- Tiga penyakit utama penyebab kematian pada manusia adalah jantung, diabetes dan stroke yang terjadi karena kurangnya kesadaran akan kesehatan atau pengobatan. Mencegah hal tersebut, sedianya pengobatan tiga penyakit itu harus rutin dan berkelanjutan.

Untuk itu, dalam ruang lingkup kedinasan Kepolisian Republik Indonesia, program pemeriksaan kesehatan secara berkala (Rikkesla), harus dimanfaatkan Personel Polri dengan maksimal, dan bagi anggota penderita sakit kronis atau menahun, dapat menggunakan layanan Badan Penguji Kesehatan Personel Kepolisian (BPKP) dengan membawa rekam medis dan semua hasil pemeriksaan yang menunjang diagnosis.

Hal tersebut diungkap AKP dr. Mega Wira S., pada Rapat Koordinasi (Rakor) tindak lanjut perawatan personel yang sakit menahun, meninggal dunia (MD), serta analisa dan evaluasi kesamaptaan jasmani (Anev Samjas) Personel Polri secara berkala, bersama Kapolres Subang -AKBP Teddy Fanani, S.I.K., M.H., M.M.- yang diwakili Kepala Bagian Sumberdaya (Kabag Sumda) KOMPOL Sukmawijaya, S.Sos., M.H., Rabu (01/07/2020) via Aplikasi Zoom Meeting.

"Jadi edukasi dari Urkes (Urusan Kesehatan Polres Subang) sangat diperlukan. Edukasi pola hidup dan edukasi pengobatan," ucap Mega.

"Sakit ada secara fisik dan psikis.
Fisik ada yang terlihat sehat, tapi dalam pemeriksaan dia sakit bahkan menular, (HIV dan HBsAg -Hepatitis B surface Antigen-) ini bahaya dan menular, meskipun yang bersangkutan secara fisik terlihat seperti normal. 
Lalu secara psikis, sampai kapan dicutikan, sampai kapan di BPKP ulang terus. Karena dilihat di data ini, yang mengalami gangguang jiwa rata-rata usia muda dan produktif," paparnya.

Diketahui data hasil Anev Samjas Periodik Semester I Tahun 2020 untuk Polres Subang barada pada rangking ke-16 dengan prosentase 95.99 %, yakni 1 orang personel menderita sakit menahun, dan 6 personel meninggal dunia.


Lebih lanjut, berpedoman Surat Kapolri Nomor: B/2198/III/DIK.5.1./2020/SSDM tgl 31 Maret 2020 perihal Pedoman Tata Cara Antisipasi Covid-19 Uji Kesemaptaan Jasmani T.A. 2020, serta sesuai dengan Protkol Kesehatan Antisipasi Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Mega menyarankan kepada Personel Polres Subang agar melakukan upaya pencegahan dan selalu menjaga kesehatan, diantaranya dengan olahraga teratur dan makan makanan yang sehat, serta pola tidur yang cukup, karena nilai Samjas akan menjadi rekomendasi bagi Anggota Polri untuk meraih Pendidikan Pengembangan (Sumbang) atau Pendidikan Kejuruan (Dikjur) lanjutan.


Laporan Aahamzah

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update