-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Wakil Menteri Desa Kunjungi Desa Sukasari

Saturday, 4 July 2020 | 12:21 WIB Last Updated 2020-07-04T05:21:12Z

Cianjur - JournalNews // Kunjungan kerja Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengunjungi Desa Sukasari Kabupaten Cianjur Jawa Barat (2/7/20).

Dalam kunjungan ke Desa sukasari Kabupaten cianjur Wamen Budi Arie menyampaikan bahwa pemanfaatan dana desa kedepan bagi desa-desa yang infrastrukturnya sudah terbangun diharapkan dapat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat desa,
Budi Arie Setiadi berbicara di hadapan warga Desa Sukasari tentang pentingnya desa dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.Desa Sukasari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat adalah salah satu sentra penghasil beras di Jawa Barat. "Desa sebagai penghasil pangan sangat penting perannya di tengah ancaman krisis pangan dunia akibat pandemi Covid-19," kata Budi Arie dalam bincang-bincang dengan pengurus dan warga Sukasari setelah acara panen padi, Kamis (2/7/20).Wamendes Budi Arie juga menyampaikan perintah Presiden Joko Widodo bahwa dalam masa krisis ini pemerintah dan masyarakat harus bekerja ekstra keras yang luar biasa alias extraordinary. Dia menjelaskan akibat Covid-19 negara-negara di dunia menahan produk pangannya agar tidak diekspor. Artinya Indonesia harus berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari dalam ekonomi dan pangan.Wamendes Budi Arie menyatakan siap membantu Desa Sukasari agar warga produktif dan inovatif. "Jadi kalau biasa ngebut kerja dengan 80 km/jam sekarang menjadi 180 km/jam. Ini extraordinary seperti Presiden Jokowi," ujarnya. Kepala Desa Sukasari Dadan Haris menyatakan siap memajukan desanya yang tergolong berkembang. "Maka kami meminta Pak Wamendes hadir untuk menyemangati warga Desa Sukasari," kata Dadan yang baru tiga bulan menjadi Kepala Desa.
Wamen Budi Arie menjelaskan bahwa dana desa dalam pelaksanaannya harus melibatkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat secara transparan dengan melakukan pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat melalui musyawarah desa.

Ia juga mengingatkan pentingnya dalam Produksi lintas sektor untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang unggul sehingga desa menjadi basis produksi terutama pangan.


"Pak Presiden sudah menyampaikan kepada kami semua bahwa untuk desa-desa yang infrastrukturnya sudah selesai diharapkan bisa didorong untuk menggunakan dana desanya bagi pertumbuhan ekonomi desa.

Wamen Budi Arie menambahkan, bahwa dalam kunjungan meninjau beberapa daerah, dirinya melihat bahwa dana desa secara umum telah memberi manfaat bagi masyarakat desa dan bagi kemajuan desa.

“Jadi, jika masih terdapat persoalan, maka harus kita benahi bersama. Temukan solusinya agar pembangunan didesa berjalan dengan baik," katanya.

Foto: Isman Muslin

Teks: MU
×
Berita Terbaru Update