-->

Notification

×

MARGUNA adalah Simbol PERTANIAN dan Rakyat biasa

Tuesday, 25 August 2020 | 11:11 WIB Last Updated 2020-08-25T04:11:55Z

SAMOSIR //- LAKSMA (Purn) TNI MARHUALE SIMBOLON, S.Pi. adalah putra dari pasangan Melanton Simbolon dan Antani br. Situmorang. Ia merupakan putra asal Samosir yang telah banyak mengabdi bagi bangsa dan negeri ini. Saat ini sudah pensiun dari TNI, terakhir menjabat dari Kadisfaslanal menjadi Pati Mabes TNI AL. Marhuale Simbolon yang berpasangan dengan ROSPITA SILALAHI, A.Md. di karuniai 2 (dua) anak.

Jenderal Parsarune yang satu ini adalah anak asal Samosir anak seorang Petani yang sukses di rantau, namun tidak lupa dengan bona pasogitnya (kampung kelahirannya) yaitu Samosir. 2 (dua) tahun sebelum pensiun bilau sudah berkarya dan mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga membantu dan membentuk kelompok tani di Samosir. Sebagai ketua SPS se Indonesia ia korbankan untuk mengurus masyarakat bukan sebaliknya, tetapi dia mengurus bukan dia menjadi diurus. 

Alat musik yang mampu beliau mainkan, penjiwaannya lebih ke instrumen tiup yakni Sarune Etek & Seruling. Pengetahuan tentang budaya Batak sangat ia kuasai walaupun dimasa tugasnya sibuk mengabdi untuk Negara

Minat untuk lestarikan budaya tradisi Batak sudah terpatri sedari kecil, ia ingin kenalkan budaya daerahnya ke masyarakat. musik Batak dipelajari Marhuale sejak beliau masih Kecil (Tikki marmahan naujui).

Marhuale ini sering memainkan Alat musik Sarune etek di berbagai pesta rakyat bahkan di kedai, beliau juga bangga dijuluki Jenderal Parsarune.Marhuale juga Menyukai tortor Batak, secara spontan beliau tidak sungkan dan tergerak manortor bersama masyarakat. 

Bentuk-bentuk bantuan yang beliau laksnakan selama ini adalah sebagai berikut:

-Melakukan pengujian tanah dengan membawa ke Laboratorium
-Bantuan/ pengadaan Handtracktor (jetor) 
-Bantuan pemipil jagung
-Bantuan pegusir hama,babi hutan dan monyet
-Bantuan pompa air
-Bantuan selang air
-Perbaikan Embung
-Bantuan Beasiswa
-Bantuan Bak Raksasa,(penampung air warga)
-Bantuan Angkong & Cangkul
-Bantuan bibit jagung
-Membentuk Kelompok Tani dan Mengerjakan Tani Lemon
-Pembukaan jalan baru akses ke ladang petani melalui alat beratnya 
-Bantuan pupuk kompos (sebagai contoh kemasyarakat)
-Kegitan Lomba nyanyi Trio di Samosir
Dan lain sebagainya

Marhuale Simbolon Datang membangun dan mencerdaskan bersama kawan lamanya Ir,Guntur Sinaga,MM Sang Insinyur Pertanian yang Kalem dan Pintar.


Ir. Guntur Sinaga,MM pria yang kalem, Asli putra daerah, beliau kelahiran Pangururan Ibu Kota Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Telah memutuskan niatnya untuk mencalonkan Wakil Bupati Samosir periode 2021/2025. Niat baik Ir. Guntur Sinaga yang mempertaruhkan segala kemampuannya, karena sejak kecil sudah punya cita-cita ingin membangun daerahnya yaitu, Kabupaten Samosir.

Pria Kalem dan Pintar ini, Lulus dari SMAN 1 Pangururan, dan Satu satunya penerima Beasiswa/program Pemerintah berhasil diraihnya dan masuk ke Institut Pertanian Bogor (IPB) 

Dengan segudang pengalaman dalam mengembangkan bisnisnya di dunia usaha yang bergerak dibidang Pertanian, kesuksesannya mulai dari Field Techcal PT. KL. Pestisida dan Agronomist PT. Bumi Delta Kimiatama. Kemudian menjadi Menager Marketing PT. Dupont Indinesia. Yang selanjutnya menjadi Direktur Utama (Dirut) PT. Royal Agro Indonesia. Dan di PT. Sumitomo menjadi Pemimpin di Indonesia dan masih banyak lagi deretan dari berbagai bidang yang tidak disebut atas keberhasilan Ir. Guntur Sinaga ini.

Di kalangan perkumpulan Marga Sinaga Jabodetabek cukup dikenal, bahkan Ir. Guntur Sinaga ini terlibat juga dalam kepengurusan Marga Sinaga, dirinya pernah menjadi Ketua Cabang PPTSB (Sinaga) Jakarta Selatan. Wakil Ketua Wilayah PPTSB (Sinaga) Jakarta Raya dan sekitarnya. Pengurus Pusat PPTSB se-Indonesia. Ketua Punguan Ama HKBP Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Bahkan Ir. Guntur Sinaga, MM adalah sosok yang handal di bidang Pertanian, selaku jebolan IPB (Bogor). Salah satu dalam programnya menjadi Wakil Bupati Samosir untuk membangun Samosir di bidang Pertanian.

Biodata Ir. Guntur Sinaga MM, pertama duduk di bangku sekolah dasar negeri (SDN) 1 Pangiruran dari tahun 1968 s/d 1973. SMP Negeri 1 Pangururan dari tahun 1974 s/d 1976. SMA Negeri 1 Pangururan 1977 hingga 1980. Kemudian di Perguruan Tinggi di Institut Pertanian Bogor/IPB (S1). Dan di Universitas Sriwijaya (S2).

Sang Insinyur Pertanian ini selalu mengatakan, Kedepannya bila diberikan kesempatan menjadi parhobas (Wakil Bupati) Samosir, Saya berjanji akan memajukan dan memprioritaskan masyarakat petani untuk menumbuhkan ekonomi pertanian

"Pembangunan yang mendahulukan pertanian akan menjadi prioritas dibandingkan pariwisata, Bukan berarti pembangunan pariwisata dihilangkan tapi didepan adalah pertanian, karena pariwisata di Samosir sudah menjadi anugerah dan tidak perlu diciptakan karena anugerah keindahan itu tinggal dipoles dan dipercantik", tegas guntur sinaga.

Guntur Sinaga Sejalan dengan Marhuale Simbolon dengan hastect MARGUNA, dengan tegas pula mengatakan, Mengutamakan pemenuhan kebutuhan primer masyarakat mayoritas harus menjadi hal yang utama sehingga masyarakat petani tidak hanya menjadi PENONTON dalam pembangunan dilingkungannya. Memajukan Pertanian bukan hanya mengharapkan hasil pertanian yang banyak, tapi harus bisa menjaga harga. 

Saat Ini belia Berdua tergerak hatinya untuk membangun Kabupaten Samosir karena prihatin dengan Kampungnya sendiri yang masih jauh dari harapan masyarakat Samosir dengan visi: Saya datang membangun dan mencerdaskan. Dengan Misi mengutamakan Ekonomi Pertanian,#salamTANI. 


Laporan : Sartono Sihotang (Ton's)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update