-->

Notification

×

Pucuk Merah Hiasi LTSSL Curugreja

Saturday, 29 August 2020 | 09:40 WIB Last Updated 2020-09-22T15:50:01Z

SUBANG //- Monitoring penanaman seratus pohon Pucuk Merah di Lembur Tohaga Sapapait Samamanis Lodaya (LTSSL) Dusun/Desa Curugreja, Kec. Sukasari, Kab. Subang, dalam rangka adaptasi kebiasaan baru (AKB) pandemi Covid-19 dan Ops Aman Nusa II 2020, dilakukan Kapolres Subang Polda Jabar -AKBP Teddy Fanani-, melalui Kapolsek Pamanukan -Kompol Dadang Cahyadiawan-, beserta Bhabinkamtibmas setempat -Brigadir Beni Agus-, menggandeng Babinsa AD -Pelda Amat-.

Pucuk Merah ditanam Pegawai IRDA Kab. Subang bersama Forkopimcam Sukasari, melibatkan TP PKK Sukasari, perangkat desa, Ketua RT/RW dan warga Ds. Curugreja, Jumat (28/08/2020).

"Pohon Pucuk Merah merupakan tanaman perdu hias yang saat ini sangat populer di kalangan pecinta tanaman, yang ternyata memiliki segudang manfaat pengobatan," ujar Beni Agus dari lokasi kegiatan.

Dihimpun dari berbagi sumber, Pucuk Merah ternyata dapat menjadi alternatif pewarna makanan alami layaknya daun pandan ataupun daun suji sehingga sangat aman untuk dikonsumsi manusia.

Kandungan antioksidan alami Pucuk Merah juga mampu mengurangi stres dan melindungi sel beta pankreas akibat efek radikal bebas yang sangat berbahaya.

Selain itu, terdapat pula kandungan flavonoid yang secara efektif dapat mencegah penyakit diabetes dan komplikasinya.


Daun Pucuk Merah pun memiliki kandungan minyak atsiri dengan aroma unik dan khas, hingga dapat dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan. 

Untuk memperkaya kadar oksigen udara di sekitar kita, Pucuk Merah pun memiliki kemampuan lebih besar untuk menyerap karbon dioksida.

Terakhir, akar pohon Pucuk Merah dapat berfungsi sebagai pencegah longsor, karena memiliki struktur akar tunggang yang sangat kuat, juga dapat menyimpan cadangan air dalam jumlah besar sehingga dapat diandalkan saat musim kemarau tiba.



Laporan : A HAMZAH

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update