-->

Notification

×

Santri Desa pegagan kidul Meriahkan Peringatan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah dengan Pawai Obor

Wednesday, 19 August 2020 | 23:05 WIB Last Updated 2020-09-22T15:50:01Z

Kabupaten Cirebon//- Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1442 Hijriyah di tahun 2020 ini, di ikuti oleh Ratusan santri warga desa pegagan kidul Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Rabu ( 19/08/2020 ). Malam nampak tumpah ruah memadati alun alaun bali desa pegagan kidul  hingga memutari wilayah desa setempat, dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Rombongan Santri yang membawa obor dilepas langsung oleh Pj. Kuwu Desa pegagan kidul ( H. Suryana) didampingi Pengurus DKM Baitussalam ( H. Ahkmad Junaedi ) dan Ketua Karang Taruna Sinar Jati ( Zaenal Muttaqqim ) dan  Babinsa Koramil 2021/Kapetakan Serda Abdullrahman bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kapetakan Aipda Moh.Carmo turut hadir mengamankan jalanya acara, dengan route dari Alun alun balai desa pegagan kidul memutari wilayah setempat " Dengan mengucap " Bissmillahirohmanirohim, rombongan pawai obor ini saya lepas, ujar Pengurus DKM Masjid Baitussalam Desa pegagan kidul,"

H. Akhmad Junaedi selaku pengurus DKM Masjid Baitussalam desa pegagan kidul mengatakan, alhamndulillah pada kesempatan malam ini kita bersama sama menyelenggarakan peringatan tahun baru Islam, bertepatan dengan menyambut datangnya  malam tahun baru Islam 1442 Hijriah ini maka kami gelar Kegiatan bernuansa Islami yaitu, pawai obor yang diiringi dengan irama shollawatan dengan tabuh bedug yang langsung serentak dikumandangkan oleh seluruh para santri se wilayah desa pegagan kidul, ucapnya.


"Kegiatan pawai obor ini di selenggarakan oleh Karang Taruna Sinar Jati desa pegagan kidul dengan menggandeng Ikatan Remaja Masjid ( Irmaka ) Baitussalam Pegagan kidul Kecamatan Kapetakan" 

"Makna dari pawai obor keliling kampung ini yaitu, untuk memberikan sosialisasi terhadap warga bahwa pada malam hari ini adalah sudah masuk tahun baru Islam 1 muharram 1442 H. Sekaligus kita juga mengelilingi  kampung se wilayah desa pegagan kidul dengan lantunan irama irama shollawatan dengan harap kami yakni, semoga warga masyarakat khususnya desa pegagan kidul diberikan keselamatan dunia dan akherat oleh Allah SWT. Tuturnya

H. Ahkmad juga berpesan agar seluruh peserta pawai obor agar tetap menjaga ketertiban dan keamanan, semoga kegiatan pawai obor ini berjalan lancar, dan " Hari Esok harus lebih baik dari Hari Kemarin" tuturnya

Khususnya pada hari kamis malam jum'at tanggal 20 Agustus 2020 kami akan mengadakan kegiatan desa pegagan kidul Bershollawat yaitu kita akan selenggarakan pengajian umum yang dihadiri oleh mubaligh KH. Sholikhin Ardi dari Kabupaten Cirebon, tukas H. Akhmad Junaedi.

Sementara itu, Ketua karang Taruna Sinar Jati desa pegagan kidul sdra. Zaenal Mutaqqin mengatakan, di mement malam tahun baru 1 muharram 1442 H ini kita manfaatkan dengan sebaik baiknya yakni pertama atas nama karang taruna sinar jati ingin menampakan bahwa ketua karang Taruna Desa pegagan kidul itu ada dan mampu untuk bersinergi dengan para ulama maupun perangkat desa dan para santri, ujarnya

Makna dari Pawai obor ini adalah semata mata sebagai rasa kecintaan kami kepada Rassulallah SWT. dan kami juga sangat mengagumi beliau atas tingkah dan perbuatanya, karena di moment malam tahun baru Islam ini adalah tahun baru kita sebagai umat islam pada umumnya.

Zaenal Muttaqqin  berharap untuk seluruh warga masyarakat desa pegagan kidul dan khusunya bagi Karang Taruna Sinar Jati ini tiada lain adalah untuk terus mensyiarkan Islam dan memupuk tali silaturahmi anatara sesama warga masyarakat desa pegagan kidul khususnya.

Ditambahkanya, Insya allah ditahun yang akan datang acara ini akan kami adakan lagi, lebih meriah dari sebelumnya. 


"kami akan terus menerus untuk mensyiarkan Islam dan menegakan amal maqruf nabi munkar" jelasnya Zaenal Muttaqqin.

Usai acara pawai obor keliling, dilanjutkan dengan acara hiburan musik tradisional tabuh bedug dan shollawatan  bernuansa Islami digelar di alun alun balai desa setempat, acara tersebut berlangsung lancar dan kondusip.


Laporan: Wadira

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update