-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Asyik Para Ibu - Ibu Desa Pegagan Kidul Akan Diberdayakan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari

Thursday, 10 September 2020 | 15:45 WIB Last Updated 2020-09-22T15:50:01Z

CIREBON //- Pemerintah Desa ( Pemdes ) Pegagan Kidul Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon, termasuk Petugas PPL Pertanian dan Ketua BPD serta Bhabinkamtibmas Desa pegagan kidul Aipda Moh.Carmo siap mendukung gerakan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang dicanangkan oleh Ono Surono, ST., Komisi lV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan, di wilayah desa pegagan kidul khususnya,"Kamis ( 10/9/2020 ).

Dalam kegiatan pengecekan lokasi kawasan rumah pangan lestari yang akan dibangun bertempat di Blok Jati mulya RT 04 RW 01 Desa pegagan kidul Kecamatan Kapetakan Kab.Cirebon, Aipda Moh. Carmo menyempatkan sosialisasi 3 M dan Edukasikan Penggunaan Masker, Kamis ( 10/9/2020 ).

Pj Kuwu Desa pegagan kidul H. Suryana" mengatakan dukungan tersebut dengan melibatkan petugas PPL Pertanian, ketua BPD dan Ketua Poktan Wanita Tani Mawar Juga Bhabinkamtibmas desa pegagan kidul untuk bersama terlibat langsung pada program kawasan rumah pengan lestari yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

H. Suryana juga menjelaskan, bahwa pada hari kamis (10/9) kita bersama ini hanya melakukan survai tempat yang akan dijadikan tempat lahan semaian bibit bibit tanaman. Yang akan memanfaatkan lahan Pekarangan rumah, khususnya lahan yang memiliki potensi untuk membangun ketahanan pangan secara mandiri.

Dan kami melihat lahan pekarangan disekitar kita sangat potensial untuk ditanami berbagai macam tanaman hidroponik. Tentunya ini harus dimanfaatkan.

Karena itu, kerjasama ini menjadi percontohan seperti daerah lain untuk bisa menghadirkan tanaman disekitar rumah warga sehingga sebagai penyedia sumber pangan dan bisa meningkatkan sumber pendapatan masyarkat khususnya para ibu ibu tani desa pegagan kidul.

Berharap semoga dalam pelaksanaanya berjalan lancar dan Program ini bisa menjangkau semua lahan pekarangan di desa kita ini juga supaya desa kita ini terlihat asri. tandasnya.

Sementara itu, Moh. Yakub selaku Koordinator Aspirasi Kawasan Rumah Pangan Lestari mengatakan, bahwa Program ini merupakan pencanangan dari Komisi lV DPR RI Ono Surono, ST., Fraksi PDI Perjuangan yang insya allah dalam wakktu dekat program tersebut akan dilaksanakan di desa pegagan kidul yakni, programnya adalah Kawasan Rumah Pangan Lestari ( KRPL ) ini akan diperioritaskan untuk ibu ibu kelompok tani, sehingga desa pegagan kidul ini menjadi desa yang mandiri.

"Program ini akan dilaksanakan oleh Kelompok Tani Mawar yang diketuai oleh sdri. Kusnul, sehingga secara prinsip kedepanya akan terbentuk pemberdayaan oleh para ibu ibu kelompok tani atau wanita tani yakni, untuk bisa melakukan tata cara semai bibit tanaman secara hidroponik. adapun tempat dan lokasinya terlebih dahulu akan kita bangun dilokasi blok. jati mulya RT 04/ RW 01. Desa pegagan kidul ini sebagai tempat semai, yang nantinya akan ada pemberdayaan ke para ibu ibu desa setempat, tuturnya.

Moh.Yakub menambahkan, Aspirasi ini adalah sebagai bentuk pemberdayaan untuk kelompok wanita tani agar bisa mengembangkan dan memanfaatkan kawasan lahan pekarangan yang tidak produktif.

"Dengan adanya program ini kita semua tentunya harus bisa memberikan dukungan atau support kepada para ibu ibu tani sehingga untuk pengembangan kedepanya, program ini dapat berjalan dan hasilnya lebih Optimal serta dapat bermanfaat bagi warga khususnya warga desa pegagan kidul agar bisa mandiri, jelasnya.


Ditempat yang sama, Ade Riyanto selaku petugas penyuluh lapangan pertanian menyampaikan, bahwa" dengan akan adanya Program Kawasan Rumah Pangan Lestari ini diharapkan para ibu ibu atau wanita tani desa pegagan kidul bisa memanfaatkan lahan pekarangan sekitar rumahnya masing masing, dengan maksimal untuk bisa dimanfaatkan sebagai media tanam.

"artinya, dengan segala kebutuhan rumah tangga itu, diharapkan kedepan hasilnya dapat diproduksi sendiri. sehingga dari tempat semaian itulah akan terjamin ketahanan pangan yang akan terus dibudidayakan melalui tanaman organik (tidak adanya unsur kimia) yang nantinya membuat kita jadi sehat, karena alami.

Selain itu juga, ia berharap warga desa pegagan kidul agar dapat memanfaatkan juga barang barang bekas seperti bekas botol aqua atau ember dan lainya untuk dijadikan tempat media tanam, sehingga bisa mengurangi sampah sampah berbahan plastik," tukasnya Ade Riyanto


Laporan: Wadira
×
Berita Terbaru Update