-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Korban Gempa Bumi Tahun 2017 Belum Juga Mendapatkan Bantuan Sampai Saat Ini

Monday, 14 September 2020 | 07:14 WIB Last Updated 2020-09-14T00:14:41Z

CIAMIS //- Forum Peduli Gempa Pamarican, Tahun 2017, berencana kembali mendatangi Kantor DPRD Kabupaten Ciamis, dan Pendopo Kabupaten Ciamis, dalam waktu dekat ini.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Koordinator Korban Gempa Pamarican, Yanto (41), Senin (14/09/2020), mengungkapkan bahwa dirinya bersama ratusan orang korban Bumi Gempa 2017, berencana akan kembali menggelar aksi, guna mempertanyakan kembali kepada para Wakil Rakyat di DPRD Ciamis, dan Pemerintah Kabupaten Ciamis, terkait Dana Stimulan, bagi para korban Gempa, yang hingga kini belum ada kejelasan, kapan terealisasinya.

"Kami akan mendatangi kembali DPRD Ciamis, dan Pemkab Ciamis, guna meminta kejelasan, mengenai bantuan stimulan bagi para korban Gempa Tahun 2017 lalu, yang hingga kini belum ada kejelasan,"katanya.

Yanto, menjelaskan bahwa para korban Gempa Tahun 2017 lalu, pada Tanggal 25 Februari 2020, pernah mendatangi kantor DPRD Ciamis, guna melakuan audience.


Saat itu para korban Gempa didampingi DPK APDESI Kecamatan Pamarican, diterima oleh Komisi D DPRD Kabupaten Ciamis, yang diketuai oleh Bapak Sarif Sutiarsa.

Dalam pertemuan tersebut Komisi D DPRD Ciamis, berjanji untuk mendampingi para korban Gempa 2017, untuk mendatangi DPRD Jabar, dan Komisi X DPR RI, agar BNPB mencairkan Dana Bantuan Stimulan Rehab, untuk para korban Gempa Tahun 2017, di Ciamis.

Dan mendesak Dinas-Dinas terkait, yaitu BPBD, Dinas Sosial, Dinas DPRKPLH, dan Dinas BPKAD Kabupaten Ciamis, guna menganggarkan Dana Bantuan Stimulan Rehab Rumah dari pos Anggaran masing-masing Dinas.

"Kesepakatan kesiapan Dinas-Dinas tersebut, sudah dituangkan dalam berita acara. Bahkan berita acara tersebut di tanda tangai oleh para Kepala Dinas terkait, Ketua Komisi D DPRD Ciamis, dan perwakilan korban Gempa,"ungkapnya.

Yanto, menambahkan untuk kedatangan para korban Gempa Tahun 2017 ke DPRD Ciamis, dan Pemkab Ciamis, akan membawa masa (korban Gempa Bumi) lebih banyak lagi, dan akan pendapatkan pendampingan dari pengurus DPK APDESI Kecamatan Pamarican, dan para Tokoh Forum Peduli Pamarican. tambahnya.


Diketahui bersama, bahwa wilayah Kabupaten Ciamis, dan sekitarnya pada Hari Jum'at, 15 Desember 2017, sekitar pukul 23.47, dilanda musibah Gempa Bumi berkekuatan 6,9 SR. Ribuan rumah dan fasilitas umum lainnya mengalami kerusakan. Namun hingga Tahun 2020 ini, para korban belum mendapat bantuan stimulan dari Pemerintah.

Korban Gempa Bumi terparah Tahun 2017 lalu ada di wilayah Kecamatan Pamarican. Ada pun rumah yang yang mengalami kerusakan sekitar 312 unit mengalami kerusakan parah, rusak sedang 1.412 unit, dan rusak ringan sebanyak 3.999 unit.


Laporan : Baehaki
×
Berita Terbaru Update