-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Desa Mandalaguna Dikepung Longsor

Monday, 12 October 2020 | 19:58 WIB Last Updated 2020-10-22T08:38:25Z


Gambar: Longsor di Kp. Wangunharja, Desa Mandalaguna


Desa Mandalaguna Dikepung Longsor


TASIKMALAYA//- Longsor menimpa Desa Mandalaguna Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya pada Senin dini hari (12/10). 


Kades Mandalaguna Dedi Supriadi menyebutkan sejumlah wilayah di Desa ditimpa bencana alam longsor. Selain karena kondisi kontur tanah di Daerah tersebut labil, longsor terjadi setelah diguyur hujan deras sejak Minggu sore hingga Senin dini hari.



Gambar: Longsor jalan utama Desa Mandalaguna di Kp. Cipasara


Dedi mengatakan, dari bencana longsor tersebut hingga saat ini belum ada laporan adanya korban jiwa. Kepala Desa menjelaskan ada beberapa titik di desa yang ditimpa longsor.  Jalan desa di Kp. Cipasara tertutup bahan material tanah dan batu. di Kp. Wangunharja tanah longsor bisa megamcam rumah warga jika terjadi hujan kembali. Sedangkan di Kp. Pangocokan longsor menimpa sebagian rumah milik warga yang bersebelahan dengan tebing. Tanah amblas di Kp. Haurkuning selain mengancam rumah warga, juga telah memutus jalan milik warga. Selain itu jalan desa di Kp. Cukangakar telah ditutupi tanah longsor.



Gambar: Longsor Kp. Cukangakar menutup akses jalan utama antar Desa



Gambar: Longsor Kp. Pangocokan, menimpa sebagian dari rumah Warga



Gambar: Longsor Kp. Haurkuning memutus jalan dan mengancam rumah Warga


Sampai Senin siang hari Aparat Kec. Salopa bersama warga telah berupaya untuk membersihkan jalan utama dari tumpukan material sehingga bisa dilewati mobil. 


Aparat Desa dengan sigap dibantu babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk menginvetarisir semua kejadian dan kerugian serta mendata potensi bencana yang rawan dan berbahaya kemudian dilaporkan kepada BPBD. 


Mengingat kejadian longsor terjadi di berbagai Wilayah di Kabupaten Tasikmalaya termasuk di berbagai Wilayah di Kec. Salopa. Kades akan segera menggerakkan warga untuk kerja bakti. "Banyak di wilayah salopa terjadi longsor, maka kita tidak bisa menunggu bantuan dari luar datang, kami akan menggerakkan Warga untuk kerja bakti membereskan saluran irigasi dan drainase jalan yang mampet akibat hujan serta menetralisir sarana air bersih yang tercemar air kotor bercampur lumpur akibat hujan" ungkapnya.


Kepala Desa Mandalaguna juga  menghimbau agar seluruh masyarakat berhati-hati dan waspada bencana. Serta untuk mengamankan seluruh aset yang rawan terdampak bencana. (Andris Khas)

×
Berita Terbaru Update