-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

Lenyapnya Baliho Penutupan Tambang Tanah Merah Mengusik Ketenangan Warga Desa Jabong

Tuesday, 6 October 2020 | 06:07 WIB Last Updated 2020-10-05T23:07:18Z


 

Lenyapnya Baliho Penutupan Tambang Tanah Merah Mengusik Ketenangan Warga Desa Jabong 


SUBANG//- Sejak beberapa Bulan lalu berbagai upaya penolakan warga atas aktivitas penambangan (galian) tanah merah diwilayahnya, konsisten disuarakan warga dan Pemdes Jabong, Kec. Pagaden, Kab. Subang - Jawa Barat.



Warga menolak menandatangani ijin lingkungan yang disodorkan pengusaha, kemudian melaporkan dugaan pemalsuan tanda-tangan warga dan Kades Jabong (diduga digunakan pengusaha untuk memperoleh izin tambang) ke Polres Subang pada 22 Juni 2020, hingga berdemo ke Kantor DLH Subang pada 17 September 2020.


Aspirasi warga terakomodir saat rombongan Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum, didampingi Sapoldam Provinsi Jabar bersama tim pengawalan jajaran Polres Subang, datang dan membubarkan kegiatan tambang tersebut pada 23 September 2020,yang kemudian ditandai dengan baliho bertuliskan "Penutupan Sementara" oleh Satpoldam Kab. Subang pada papan nama pengusaha/perusahaan yang terdapat pada lokasi tambang.


Namun beberapa hari terakhir warga kembali resah mendapati "Baliho Penutupan Sementara" tersebut lenyap dan tidak terpasang lagi.


Hal itu diungkap Kades Jalancagak, Indra Zainal Alim, yang atas seizin Ketua Apdesi Kab. Subang (H. Lili Rusnali) mendampingi rekan sejawatnya (Amo) untuk mendapatkan kepastian hukum atas kasus dugaan pemalsuan tanda-tangan yang dilalorkannya tersebut.


"Siapa yang membuka baliho tersebut, Pak Kades dan warga juga tidak tahu.

Intinya (papan nana perusahaan) sudah ditutup (baliho dari Satpoldam Kab. Subang) kemudian dibuka lagi," ucapnya, Senin (05/10/2020) malam via selular.


Oleh karenanya, Indra kemudian mendesak pihak Polres Subang untuk menindak-lanjuti kasus dugaan pemalsuan tanda-tangan terkait dengan aktivitas penambangan tersebut, demi kepastian hukum bagi Kades dan warga Desa Jabong. (Aahamzah)

×
Berita Terbaru Update