-->

Notification

×

Adsense

Iklan

Tag Terpopuler

LPM KELURAHAN TANJUNG GALAKAN PELATIHAN PEMBUDIDAYAAN IKAN

Monday, 5 October 2020 | 20:10 WIB Last Updated 2020-10-05T13:10:00Z

 


LPM KELURAHAN TANJUNG GALAKAN PELATIHAN PEMBUDIDAYAAN IKAN


TASIKMALAYA//- Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kelurahan Tanjung kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya menyelenggarakan penyuluhan dan pelatihan budidaya ikan di aula kelurahan Tanjung (5/10). Wewen Saripmudawan ketua LPM Tanjung menyebutkan penyelenggaraan pelatihan tersebut  menggunakan dana PIK (Pagu Indikatif Kewilayahan) tahun 2020. Pembudidayaan ikan jair tersebut dihadiri oleh 28 peserta. “diharapkan dengan pelatihan tersebut untuk memberikan ilmu sehingga tepat guna dan tepat sasaran” ujar wewen.



Wewen juga melanjutkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan yang pernah dilaksanaan LPM Kelurahan Tanjung tahun 2017 yang telah menciptakan kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di tiap RW. “Sekarang Sebagian Pokdakan sudah berani memasarkan produk, malahan ada yang sudah memiliki legalitas dari Kemenkumham” ungkap Wewen.


Kepala Kelurahan Tanjung Drs. H. Opang Jafar Sidik menyebutkan penyelenggaraan pelatihan tersebut untuk mengembangkan potensi budidaya ikan di kelurahan Tanjung. Ia juga mengharapkan kegiatan tersebut ada tindaklanjutnya. Ia juga mengapresiasi Kepala Kecamatan Kawalu dan Kapolsek Kawalu untuk hadir di acara tersebut “alhamdulillah tadi pa Camat dan pa kapolsek sempat hadir untuk mendukung kegiatan ini sebagai wahana pemberdayaan masyarakat” ungkapnya.


Pemateri pelatihan tersebut diberikan oleh ibu Decu Sumantri S.IP dari Dinas Ketahananpangan Pertanian dan Perikanan. “sebelumnya ada permintaan dari LPM dan lurah Tanjung untuk memberikan materi, maka dinas dengan segera merespon dan langsung mengagendakannya” ujar Decu. Pegawai kementrian kelautan dan perikanan tersebut mengunngkapkan dalam mengatasi hama dan penyakit di ikan kita memberi penekanan untuk pencegahan bukan pengobatan.  ada beberapa bahan atau tumbuhan yang ada dalam kehidupan sehari-hari bisa digunakan untuk memperkuat daya tahan ikan terhadap penyakit seperti garam, bawang putih, meniran, daun pepaya, daun kelor dan lain sebagainya. “ada yang harus ditumbuk , ada yang dihaluskan dan dikasihkan disatukan dengan pakan ikan” ungkap decu menjelaskan.


Di lain pihak Wewen menyesalkan hambatan dan pengairan dari jalur irigasi belum penuh mencapai kelurahan Tanjung. “tapi masyarakat tidak patah arang, mereka bahkan menggunakan terpal untuk melapisi air supaya tidak cepat surut”. Wewen juga berharap dana besar untuk jalur irigasi Cikunten selalu ada untuk pemeliharaan saluran tiap tahunnya, sehingga tidak menjadi hambatan kedepannya. (Andris Khas)

×
Berita Terbaru Update