-->

Notification

×

Iklan

Tag Terpopuler

KEPSEK SMPN 4 CIKALONG PINTAR MENSIASATI STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DIERA “COVID-19"

Saturday, 3 October 2020 | 16:05 WIB Last Updated 2020-10-03T09:12:32Z

 


MENSIASATI STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DIERA “COVID-19"


CIANJUR//JN: Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Cikalong, di sekitaran Jalan Sarongge Desa Mekarsari Kecamatan Cikalong Kulon Kabupaten Cianjur. Jika dilihat dari realitas  memang berada jauh di lokasi perbatasan Jonggol. Kendati demikian, harus diapresiasi  menurut warga setempat, sosok kepala sekolah SMPN 4 tersebut, Ruhyatna S.Pd, adalah sosok yang dikenal ramah, cepat beradaptasi, murah senyum dan akraban serta selalu hadir tepat waktu, terkecuali libur.

Pertemuan yang tidak disengaja antara Media Journalnews dengan Kepala Sekolah SMPN 4 Cikalong tersebut, terjadi di halaman sekolah pada kamis siang (17/09). Tidak perlu diragukan didalam melaksanakan tugasnya, ia adalah pribadi yang handal. Walaupun jarak terpaut jauh antara rumah tinggalnya dengan sekolah tempatnya berkerja. Namun ia tidak mengenal rasa lelah, kerena Ruhyatna, selalu mengawali aktivitas pengabdiannya dengan niat tulus ikhlas.

“Tugas berat menjadi terasa ringan, dan selalu bersyukuratas nikmat dan jabatan apapun. Fokus saya adalah bagaimana caranya agar pendidikan lebih maju dan berkualitas, dimanapun ditugaskan selalu lapang dada selaras dengan sumpah ketika pertama kali menjadi PNS, mesti patuh taat kepada regulasi dan aturan.” tutur Ruhyatna penuh rasa syukur.

Iapun menambahkan terkait dengan strategi pembelajaran di masa Pandemi Covid-19, seputar proses mengajar terhadap anak didik. Ia mnegatakan sebelum adanya Virus, di sekolah merupakan tempat paling ideal dalam upaya mentransformasikan materi dan bahan ajar.

“Kendati kali ini masih tetap proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di rumahnya masing-masing, dan memberi pelajaran ke anak didik secara metode daring (dalam jaringan) atau luring (luar jaringan), akan sangat tergantung situasi dan kondosi (sikon) tetap pengajar atau guru disesuaikan, dengan jadwal yang telah ditentukan oleh kepala sekolah.” tambahnya.

Dalam hal ini harus ada improvisasi pihak sekolah (Kepsek) untuk mendatangi kemasing- masing rumah anak didik, tidak hanya melalui HP android. Sebagai Kepala Sekolah harusn turun langsung ke lapangan memantau keadaan agar hasilnya maksimal, yang membedakan hanya tempat kegiatan KBM saja.

“Kegiatan pembelajaran pada hakikatnya dapat dilaksanakan dimanapun, tidak terbatas oleh ruang dan waktu.” ungkapnya lagi menegaskan.   

Pada dasarnya, kepala sekolah merupakan motor penggerak bagi sumber daya manusia sekolah itu sendiri, terutama guru. Begitu besarnya peranan kepala sekolah dalam proses pencapaian tujuan pendidikan supaya lebih pesat dan maju sehingga dapat dikatakan bahwa sukses tidaknya suatu sekolah sangat ditentukan oleh kualitas kepala sekolahnya. Terutama dalam  kemampuannya memberdayakan guru ke arah suasana kerja yang kondusif. Kepala sekolah memiliki peran dan tanggung jawab sebagai manajer kantor, yaitu diantaranya mengadakan prediksi masa depan sekolah, capaian atau target yang ingin diperoleh dalam kurun waktu satu tahun ke depan harus sudah terpetak secara jelas dan tertulis.  

“ Misalnya saja tentang kualitas pendidikan yang diharapkan oleh masyarakat. Melakukan inovasi dengan mengambil inisiatif dan kegiatan-kegiatan yang kreatif untuk kemajuan sekolah, menciptakan strategi atau kebijakan untuk mensukseskan pikiran-pikiran yang inovatif, menyusun perencanaan, baik perencanaan strategis maupun perencanaan operasional. Menemukan sumber-sumber dana yang sesuai dengan regulasi untuk melengkapi infrastruktur pendidikan, dan yang tidak kalah penting adalah melakukan pengendalian atau kontrol yang bisa dilihat langsung ke lapangan.” Tandasnya menegaskan.

Disinggung terkait pelaksanaan pendidikan dan hasilnya. Ruhyatna menegaskan bahwa hanya kepala sekolah yang mampu memerankan dirinya secara efektif dan efisien yang dapat memberikan kontribusi yang baik untuk arah kedepan satun pendidikannya.

“ Sebagai Kepsek saya tidak bosan untuk selalu menghimbau kepada para guru, tolong sampaikan kepada anak- anak tidak perlu khawatir dan panik dengan adanya Virus Corona.  Cara untuk menhindarinya salahsatunya dengan mewajibkan memakai masker, cuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan, atau aktivitas lainya. Lakukan pola makan bergizi, minum vitamin yang dibutuhkan, olahraga secukupnya, kemudian jaga jarak dari kerumunan dan disertai berdo'a kepada Allah SWT. Itu merupakan sebuah ihtiar dari kita selaku umat manusia yang beriman, namun patuh terhadap Protokol Kesehatan WHO. InshaAllah Pandemi Corona ini akan segera lenyap, dan kita bisa beraktivitas lagi seperti biasanya.” Pungkas Kepala Sekolah mengakhiri bincang santai dengan jurnalis Journalnews, siang itu. Terimakasih Pak Kepsek atas keramahannya. (Ateng Permana/ Rafli Hidayat)

×
Berita Terbaru Update