-->

Notification

×

Konservasi Terumbu Karang Di Pantai Cipanon Panimbang Dihadiri Pejabat dan Tokoh Banten

Wednesday, 11 November 2020 | 15:01 WIB Last Updated 2020-11-11T08:49:38Z



Gambar: Pembina Komunitas Ngaprak Banten dan Pandu Cahaya Islami MA, Ade Badri merupakan Inisiator Konservasi Terumbu Karang (foto kedua). Kapolres Kab. Pandeglang AKBP Hamam Wahyudi, SH.,S.IK.,MH (foto ketiga) turut mendukung kegiatan penanaman Terumbu Karang di Pantai Cipanon Panimbang

Penanaman Terumbu Karang Di Pantai Cipanon Panimbang Dihadiri Pejabat dan Tokoh Banten

PANDEGLANG//JN: Banyak cara untuk menjadi pahlawan di negeri ini, salahsatunya dengan terjun langsung menjadi bagian pelestari terumbu karang di sekitaran Pulau Liwungan Kampung Cipanon Tanjungjaya Kecamatan Panimbang Pandeglang Banten. Tepat 10 November yang kita kenal sebagai Hari Pahlawan, Forum Pelestari Terumbu Karang (F-PTK) Provinsi Banten berkerjasama dengan banyak komunitas Pegiat sekaligus Pelestasri Lingkungan Hidup terus bergerak untuk menyelamatkan ekosistem dan Biota laut dengan memelihara dan menanam kembali bibit terumbu karang di sekitaran Liwungan. 




Acara yang sama pernah pula dilakukan di sekitaran Pulau Badul beberapa waktu yang lalu. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, Dede Robbi sekaligus sebagai Tokoh Pemuda Panimbang.



"Kegitan positif penanaman terumbu karang ini merupakan wujud kepedulian kami selaku milenial terhadap lingkungan sekitar sekaligus mempromosikan kembali potensi wisata Pantai Cipanon yang elok dan asri ini. Pemerintah Daerah-pun sangat mersespon kegiatan ini, mulai dari perwakilan Bupati Pandeglang, Perwakilan Dandim dalam hal ini Koramil, Kapolres Pandeglang, tokoh masyarakat, dan para aktivis lingkungan di Provinsi Banten pun turut hadir mensukseskan acara ini.Bahkan Perwakilan Aktivis lingkungan Jabar-pun hadir, atasnama komunitas 'Ngaprak Jabar'. Semua bersinergi dalam kegiatan ini." tutur Dede Robi menjelaskan dengan nada penuh semangat.   
  



Hal senada diungkapkan pula oleh Kang Haji Ade Badri yang juga Pembina Komunitas Ngaprak Banten dengan link ngaprakbanten.com. Dalam sambutannya ia menyatakan bahwa kegiatan Penanaman Terumbu Karang di Pantai Cipanon adalah wujud spirit kepahlawanan bangsa, dengan menyelamatkan terumbu karang kita telah menyelamatkan kehidupan. 

"Gerakan Rehabilitasi Terumbu karang sangatlah positif. Hutan dalam laut harus tumbuh subur dan indah telah di terjang Gelombang Tsunami beberapa tahun lalu berdampak tidak hanya darat pesisir pantai namun juga terumbu karang habis di terjang gelombang deras arus tsunami bawah laut. Hal ini butuh kesadaran dari seluruh elemen masyarakat dan komunitas penggiat kelestarian alam untuk segera menjadikan hutan dalam laut menjadi indah kembali. 




Diyakini hal ini bisa menjaga kestabilan biota dalam laut dan laut kita akan menjadi indah kembali. Di Pantai Cipanon Panimbang ini kita dipersatukan melalui kegiatan Konservasi terumbu Karang, semoga Alloh SWT senantiasa meridhoi dan merahmati kita semua. Jika bukan kita siapa lagi, jika tidak sekarang kapan lagi ?." tutur Kang Ade, demikian sapaan akrabnya, dengan nada optimis dan penuh rasa syukur. 

Tokoh masyarakat lainnya, yang juga Ketua FPTK Provinsi Banten Nurwata dalam sambutannya juga menyatakan bahwa Hari Pahlawan harus diisi dengan kegitan positif.


"Melalui semangat Hari Pahlawan kita lakukan kegiatn positif menyelamatkan ekosistem laut dan biotanya. Laut itu ddalam Al-Qur'an di sebutkan 43 kali, sedangkan daratan hanya 13 kali saja. Jadi lautan di bumi ini lebih luas dari daratan, 3/4 bumi merupakan lautan. Sudah sepantasnya kita memperlakukan laut ini dengan baik. Disini banyak anak-anak muda yang peduli terhadap kelestarian Pantaui Cipanon, merekalah Pahlawan-pahlawan masa depan, mereka calon penerus bangsa yang harus kita pelihara jiwa patriotisme dan nasionalismenya." tandasnya menegaskan dalam sambutannya. 


Masih dengan nada yang sama, Kapolres Kabupaten Pandeglang yang baru bertugas selama tiga minggu, AKBP Hamam Wahyudi, SH.,S.IK.,MH menyatakan bahwa Pihak Kepolisian sangat mengapresiasi terhadap adanya FPTK yang telah berhasil menjadi inisiator kegiatan Konseravasi Terumbu Karang di Garis Pantai Pandeglang, tepatnya di Pantai Cipanon. 

"Saya selaku Kapolres Pandeglang sangat terkesan dengan adanya kegiatan Penanaman Terumbu Karang ini. Semangat berjuang dan berkorban para Pahlawan Bangsa berpuluh tahun silam kini saya rasakan di tempat ini. Tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan para aktivis lingkungan telah berhasil mewujudkan semangat baik dalam kegiatan positif ini. Saya ucapkan bayak terimakasih dan saya secara pribadi ingin mengetahui lebih banyak terkait dengan konservasi terumbu karang. Jujur saja saya baru bertugas selama tiga minggu ini." jelas Kapolres dengan ramah pada sambutannya. (RM/AY) 

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update