-->

Notification

×

100 Mesin Power Trisher Diserahkan Wabup Ciamis Ke Gapoktan Lakbok

Tuesday, 29 December 2020 | 08:08 WIB Last Updated 2020-12-29T01:10:17Z


Ciamis//JN - 100 Unit Alat Mesin Pertanian berupa mesin perontok padi  (Power Tresher) diserahkan Wakil Bupati Yana D Putra kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) Lakbok. Penyerahan dilaksanakan di lingkungan Pondok Pesantren Mamba'us Shalihin Desa Cintaratu Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (28/12).







Pemberian Alat Mesin Pertanian tersebut adalah bentuk kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Ciamis dengan Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Ciamis dan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Ciamis.

Kegiatan tersebut adalah sebagai wujud Pemberdayaan masyarakat tani melalui pengembangan dan pemanfaatan inovasi teknologi tepat guna (TTG) Untuk peningkatan produktivitas hasil pertanian di Kabupaten Ciamis.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim Ciamis, Kepala Dinas Pertanian, Camat Lakbok, Ketua GP Ansor Kabupaten Ciamis, Pimpinan Pesantren Mamba'us Shalihin serta Forkopimcam Kecamatan Lakbok.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Ciamis menyampaikan bantuan tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat ataupun kelompok tani dalam mekanisasi pertanian agar lebih efisien dan efektip dan dapat meningkatkan hasil produksi.

"Dengan ini diharapkan produksi petani meningkat dan penghasilan bertambah, sehingga biaya produksi dapat diturunkan, yang awalnya biaya produksi tinggi sekarang bisa lebih murah, yang awalnya mungkin menyewa namun sekarang sudah memiliki alat sendiri dari bantuan yang diberikan" ucap Yana.

Yana mengatakan tantangan pertanian hari ini dan kedepan semakin komplek hal ini karena banyak isu yang di hadapi seperti ketahanan pangan, proses produksi dan rendahnya sumber daya pertanian, maka dari itu perlu upaya untuk meningkatkan pertanian di Ciamis mengingat Kabupaten Ciamis adalah daerah agraris. 

"Hari ini yang menjadi tantangan bukan hanya pada proses produksi saja, tapi juga menjawab tantangan rendahnya sumber daya pertanian sehingga perlu adanya pengembangan teknologi yang ramah lingkungan yang dapat mempermudah pekerjaan dan meningkatkan nilai ekonomi," jelasnya.

Wabup Yana menyampaikan bantuan tersebut dapat membantu kerja petani dan mendukung peningkatan produktivitas hasil pertanian padi di Kabupaten Ciamis dan alat pertanian yang di berikan agar dirawat dan dimanfaatkan secara baik dan benar. 

"Alat perontok padi yang di berikan ini harus dimanfaaatkan dengan benar, semoga alat ini juga bisa menunjang hasil dari pertanian yang ada di Kecamatan Lakbok, mengingat lakbok adalah lumbung padinya Ciamis," jelas Wabup berharap.

Terakhir Yana mengajak masyarakat untuk senantiasa mempedomani protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, mencuci tangan, memakai masker dan menghindari kerumunan, mengingat jumlah terkonfirmasi positif di Kabupaten Ciamis terus meningkat. 

Sementara itu ketua GP Ansor Kabupaten Ciamis Maulana Sidik mengatakan pemberian alat mesin pertanian akan dilaksanakan dalam 2 tahap, tahap pertama 100 unit dan tahap kedua 185 unit. 

"Di tahap kedua ada 185 unit lagi yang sama akan di hibahkan pada Gapoktan, berharap dengan pemberian bantuan tersebut  tidak hanya akan menghidupi petani tapi juga menggerakan pemuda-pemuda di tengah pandemi, " Ucap sidik. 
(Humas Pemkab Ciamis/Edis 57)


No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update