-->

Notification

×

Pemulung: Bukan Sekedar Profesi Melainkan Tugas Kemanusiaan

Sunday, 6 December 2020 | 12:21 WIB Last Updated 2020-12-06T05:21:59Z
Sumber Ilustrasi Foto: http://lexitaklal.blogspot.com/2011/12/tuhan-pemulung.html?m=1



Pemulung: Bukan Sekedar Profesi Melainkan Tugas Kemanusiaan


Cianjur//JN - Sandang, pangan dan papan merupakan kebutuhan pokok, apa pun Profesi yang di jalani hasil dari jerih payah senantiasa di gunakan demi memenuhi kebutuhan pokok guna keberlangsungan hidup. Pun demikian dengan dua orang paruh baya bersama seorang anak yang senantiasa menajalani profesinya sebagai pemulung.

Dalam menjalankan profesinya mereka dapat Kita temui setiap harinya disekitaran jalan dari arah Cipanas sampai wilayah Sukaresmi di mulai dari sekitar pukul 05:00 - 11:00 WIB. Itulah yang di sampaikan mereka kepada Journalis journalnalnews.co.id pada pukul 05:00 pagi, minggu (7/12). Dalam menjalankan aktivitasnya tersebut mereka tengah mengenakan jas hujan karena kebetulan di minggu pagi hujan tengah mengguyur wilayah Cipanas.

"Kami memulai aktivitas ini dimulai dari pukul 05:00 sampai pukul 11:00 WIB. Semua ini kami lakukan demi memenuhi kebutuhan hidup" ungkap salah seorang dari mereka yang enggan di sebutkan namanya.

Mereka pun menjelaskan mengenai kesulitannya dalam mencari pundi-pundi Rupiah ditengah pandemi Covid-19.

"Di hari biasa aja (sebelum pandemi) penghasilan tak menentu apalagi dimusim Virus Corona yang katanya ekonomi semakin sulit. Ini juga berimbas sama kami, karena adanya wabah virus ini wisatawan di daerah sini (Cipanas) jadi berkurang, kalo udah gitu kan limbah kemasan makanan atau minuman dari pelastik juga jadi berkurang, makanya pendapatan kami pun semakin sulit" ungkapnya

Mempunyai cita-cita dan asa merupakan hal mestinya dimiliki setiap orang, demikian juga dengan mereka

"Pekerjaan sebagai pemulung ini bukan cita- cita saya. Cita-cita saya ingin menjadi orang sukses dalam berwira usaha dan menjalani hari seperti kebanyakan orang. Tapi ini kan bisa sebagai batu lompatan, Selama pekerjaan ini halal Saya akan jalani sebaik mungkin dengan ikhlas. Sebab Saya juga percaya takdir yang Maha kuasa itu tetap baik" rahUngkapnya dengan bersikap tegar.

Dari profesi tersebut penghasilan memang tidak menantu, tapi disisi lain profesi tersebut merupakan suatu tugas kemanusiaan dalam melaksanakan kewajiban menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan dari limbah plastik yang nyaris tak bisa diurai tanah. Suatu profesi yang sangat mulia!. (Ateng Permana)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update