-->

Notification

×

RINI VALENTINA; Penulis Perempuan Indonesia Mendunia Yang Menginspirasi Wanita

Thursday, 3 December 2020 | 09:32 WIB Last Updated 2020-12-03T02:32:19Z


Gambar: Rini Valentina, merupakan Penulis asal Kota Samarinda yang banyak menginspirasi Kaum Hawa untuk lebih berdaya dalam menjalani lakon kehidupannya. 

RINI VALENTINA; Penulis Perempuan Indonesia Mendunia Yang Menginspirasi Wanita 

SOROT//JN: RINI VALENTINA, Penulis asal Kota Samarinda yang menguasai beberapa bahasa ini memulai karir menulisnya pada akhir tahun 2017. Baginya tema cinta dan permasalahannya merupakan hal yang sangat menarik untuk selalu ditulis baik itu untuk puisi atau pun cerpen. 


Pada sekitar Mei 2018, buku pertamanya terbit di Penerbit Deepublish, Jogjakarta dalam tiga bahasa, Indonesia, Inggris dan Spanyol.  Hal itu membuatnya semakin bersemangat untuk menulis di berbagai grup international berbahasa Inggris dan Spanyol. 


Berbagai penghargaan dunia telah dianugerahkan kepadanya sebagai bentuk apresiasi mereka sebagai penulis tiga bahasa. Diantaranya penghargaan dari Agencia De Prensa Internacional Apreint, Radio Internasional America Vision, penghargaan sebagai penulis asing yang menerbitkan buku dalam bahasa Spanyol “ Union Hispanomundial De Escritor “ Urubamba Peru, dan berbagai penghargaan internasional lainnya. 


Pada awal tahun 2020 Rini mulai menerbitkan buku antologi internasional pertamanya  berbahasa Spanyol di susul antologi-antologi internasional lainnya berbahasa inggris maupun spanyol. Baginya menulis adalah hoby dan bentuk kecintaannya pada sastra terutama puisi. Penulis yang sangat aktif menulis ini telah menerbitkan 16 buku puisi dan sebuah buku koleksi cerpen yang diterbitkannya secara mandiri di penerbit amazon kindle dan 6 buku yang diterbitkan di Indonesia. 


Pada bulan Juni 2020, Rini memperoleh kepercayaan atas terpilihnya sebagai Ambassadeurs De La Paix untuk Indonesia oleh Cercle Universel des Ambassadeurs De La Paix, Perancis / Swiss. Sebuah majalah internasional elektronik Grihaswamini mendeklarasikannya sebagai Global Ambasador untuk Indonesia dan bulan November 2020, UHE dengan resmi mengangkatnya sebagai President Nacional De La Union Hispanomundial De Esritores UHE untuk Indonesia. 

Wanita multi talenta ini menerima sebuah tawaran sebagai editor di sebuah Jurnal internasional INNSAEI India untuk cerpen. 

“Bagi saya tidak penting apakah bukunya akan menjadi best seller atau tidak sebab yang paling penting adalah meninggalkan jejak tulisan dalam buku yang akan menjadi sejarah hidup. Buku adalah wujud nyata seorang penulis yang dengan kerja keras memberikan pada dunia jejak rekam karya-karyanya” tutur penulis yang mempunyai ciri khas selalu tersenyum dan tetap humble walau karya-karyanya telah mendunia. 


Pada tahun 2020, Rini telah menerbitkan enam buku antologi internasional dimana dia sebagai Chief editor dan Compiled-nya: La Belleza Del Amor ( Puisi ), Amor en Primavera ( Puisi ), Love in Spring ( Puisi ), The Cyclone Will End ( Puisi ), Amor Detras De Las Nubes ( Cerpen ), Love in Summer, Akan segera terbit buku Winter November to December ( Puisi ). Sebuah bukunya yang berjudul My Heart is in Poetry Dream of You telah diterjemahkan ke dalam bahasa Serbia oleh Professor Milutin Djurckovic “ SAN U POEZIJI.  


Koleksi buku – buku Rini Valentina yang telah diterbitkan di beberapa penerbit dalam dan luar negeri diantaranya, Poesia de Amor 3 Continentes (Deepublish,  Jogjakarta Ind), My Heart is in Poetry Dream of You (Amazon Kindle), Whisper of Love (Amazon Kindle ), Promise of the Fingers (Amazon Kindle), Mi Corazon en Poesia Sueno Contigo (Amazon Kindle), Susurro de Amor y Suenos (Amazon Kindle), Mi anhelo Bajo el Cielo Azul ( Amazon Kindle), A La Sombra del Amor ( collaboration book of poetry with  Marcelo Soto – Chile )  Amazon - Chief editor, Anthology  La Belleza Del Amor (Amazon)-Chief editor, Luna Escondida  (Amazon Kindle), International anthology Love in Spring ( Amazon ) - Chief editor, International anthology Amor en Primavera ( Amazon ) -Chief editor, A collection of short story Bayangan Rembulan ( Farha ), A collection of poetry in three languanges Secuil Mimpi (Farha), Anindya Cinta Di Biru Nabastala ( Farha ), Anthology The Cyclone Will End ( Amazon ), Antology Short Story Amor Detras De Las Nubes (Amazon)- Chief Editor, Tentang Si Kembar ( Farha ), A collection of short story SHADOW OF THE MOON ( Amazon), The Longing ( Amazon ), Un Pequeno Sueno ( Amazon ), Internasional Antologi Love in Summer ( Amazon )- Chief Editor.  


Beberapa buku antologi internasional yang diikutinya, A Spark of Hope 1, Break the Silence, Silence Lips Beating Heart, Safron Flavor Rock Candy, Just Love Me, Paginas Libres (e-book), Salvemos a La Madre Tierra (e-book), Signature of Truth, My Love My Life ( Multilingual ), Anthology Poetica La Amistad ( Bolivia ) – ebook, Musing, Aripi de vise Parole sulle ali dei sogni, dan A Spark of Hope 2. (RM)

1 comment:

  1. Bravo, dear sist Rini Valentina.
    Love U...love your steps.

    Dear mom Hania, my regard.

    ReplyDelete

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update