-->

Notification

×

Budaya Gotong Royong Masih Melekat Di Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi

Friday, 29 January 2021 | 21:56 WIB Last Updated 2021-01-29T14:59:43Z

 

Gambar: Warga masyarakat Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur memikul pasir untuk diangkut ke lokasi pengecoran. 

CIANJUR // jurnal news co.id : Masyarakat Desa Cikancana Kecamatan  Sukaresmi Kabupaten Cianjur kembali melaksanakan giat pembangunan jalan penghubung antar kampung. Jalan yang sekarang dibangun dari mulai Kampung Citugar Rt. 03 sampai Kampung Cisalak Rt. 05 ini dilakukan secara swadaya oleh warga Desa Cikancana pada Jum'at (29/01).


Gambar: Proses pengepokan pasir oleh warga untuk mempermudah pengangkutan pasir. 


Warga sangat antusias melanjutkan gotong royong yang sudah berjalan dari beberapa waktu sebelumnya. Kali ini warga yang ikut dalam kerja bakti secara bersama-sama bertugas membawa pasir ke lokasi pengecoran jalan tersebut. Dari lokasi pasir dan bahan-bahan matreial lainnya diturunkan, warga mengangkutnya tempat  pengecoran yang jaraknya cukup jauh disertai medan yang cukup sulit. 


Untuk mempermudag pengangkutan, pasir di kepok dalam karung dan di bawa pakai motor yang sudah di modifikasi karena medan yang licin,  sebagian pagi di pikul oleh warga . 


Gambar: Babinmas Desa Cikancana turut membantu pengangkutan pasir. 


"Pengecoran ini tidak bersumber dari Dana Desa (DD), melainkan hasil warga urunan untuk kemajuan infrastruktur di kampungnya" ungkap Nanang selaku Kepala Desa Cikancana. 



"Swadaya dan kekompakan masyarakat Desa Cikancana, tak lepas dari sosok Kepala Desa Nanang yang merakyat kepada warga masyarakatnya." Ujar salahsatu masyarakat yang enggan disebutkan namanya. 


Gambar: Babinsa Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi juga ikut membantu kelancaran kegiatan. 


Selain Kepala Desa beserta perangkatnya dan masyarakat, ada juga Babinsa, Babinmas, BPD Desa Cikancana turut membantu dalam kegiatan ini.


"Saya mendapat banyak bantuan tenaga dalam kegiatan ini, selain mengajak perangkat babinmas, Babinsa dan BPD Desa Cikancana juga ikut membantu kelancaran kegiatan." pungkas Kepala Desa Ciakancana mengakhiri. (Ben) 

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update