-->

Notification

×

Good Bikers: Saat Terlilit Hutang Jangan Jauhi Masjid, Rajinlah Berjamaah

Sunday, 31 January 2021 | 13:11 WIB Last Updated 2021-01-31T06:11:00Z


Tasikmalaya, journalnews.co.id - Good Bikers kembali mengadakan kajian keislaman di Mesjid Aisyah selepas Gerakan Sholat Isya Berjamaah, pada Sabtu (30/01).







Dalam kajian tersebut Uatadz Irfan selaku pengisi acara menyampaikan sebuah kisah inspiratif yang berkaitan dengan Nabi Muhammad SAW. Adapun kisah yang Ia sampaikan sebagai berikut.

Abu Umamah, salah seorang sahabat dari Anshar. Dia duduk termenung di masjid di luar waktu shalat dengan tatapan mata yang kosong jauh menerawang. Kemudian, tidak beberapa lama, Rasulullah SAW masuk ke dalam masjid dan menghampiri Abu Umamah.  
Rasulullah bertanya, "Wahai Abu Umamah, aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat, apa yang terjadi denganmu?" Abu Umamah menjawab, "Ya Rasulullah, saat ini aku dalam kesulitan membayar utang." 
Rasulullah berkata, "Aku akan mengajarkanmu beberapa perkataan positif, jika engkau mengucapkannya, mudah-mudahan Allah SWT akan menghilangkan segala kesulitanmu dan melunasi utang-utangmu. Bacalah doa ini pada pagi dan sore hari." 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ 
Kemudian, Rasulullah SAW melafazkan doa, "Allahumma inni a'udzu bika minal hammi wal hazani wa a'udzu bika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzu bika minal jubni wal bukhli wa a'udzu bika min ghalabatid daini waqahrir rijal." 

(Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir. Aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia).

Menurut pengakuan Abu Umamah RA, setelah ia mengamalkan dan membaca doa yang diajarkan Nabi tersebut, Allah menghilangkan kebingungan, kesedihan, kelemahan, kemalasan, ketakutan, dan utang-utangnya dapat dilunasi. (HR Abu Daud).




Kisah sahabat yang kebingungan saat terlilit hutang, menjadi kisah yang pertama disajikan oleh Utsadz Irfan. (Andris Khas)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update