-->

Notification

×

Petani Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi Terancam Gagal Panen Akibat Jebolnya Irigasi

Wednesday, 27 January 2021 | 16:59 WIB Last Updated 2021-01-27T10:19:22Z

 

Gambar: Bendungan Batu Hulu Persido Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. 

CIANJUR/ JOURNAL NEWS.co.id : Jebolnya aliran sungai dari Bendungan Batu Sahulu Persido Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Akibat deras nya hujan dan besarnya air dari bantaran kali Cikundul sehingga sungai kecil yang mengairi sawah warga jebol, karena di duga kurang nya perawatan dari pihak Mitra Cai Cabang Cikalong Kulon.

Dengan jebolnya aliran sungai ini masarakat petani banyak yang membutuh kan air, karena kalau tidak segera di perbaiki oleh Dinas Pengairan/ Mitra Cai, maka masarakat akan gagal panen. karena air sangat di butuh kan untuk sawah maupun para petani sayuran yang bercocok tanam di sepanjang saluran irigasi.





Di sisi lain masarakat dan Perangkat Desa Cikancana berjuang membangun jalan setapak dengan bermodal kan gotong royong serta kesadaran masarakat demi terwujudnya jalan gang ini, serta merapih kan selokan agar air mengalir dengan lancar tidak terhambat sampah. Namun sayang jembatan penyebrangan yang akan mereka bangun tergerus air, sehingga arus menelan anggaran yang lebih besar. Ini semua perlu adanya kekompakan antara Mitra Cai dengan Kepala Desa Cikancana." pungkas alah seorang warga.


Kepala Desa Cikancana Nanang, berharap kepada Mitra Cai Cabang Cikalong Kulon agar segera memperbaiki aliran irigasi di Kampung Bojong. Agar masyarakat di sepanjang aliran sungai ini bisa tidak lagi menunggu datang nya air hujan. bahkan ia berharap kepada seluruh staff Desa serta anggota karang taruna di bantu juga warga agar lebih semangat lagi melaksanakan gotong royong dalam bidang pengecoran, agar masarakat Cisalak tidak merasa jauh apabila ada keperluan ke Kantr Desa." pungkasnya. (Rafli Hidayat) 

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update