-->

Notification

×

Seakan Tak Pernah Pudar, Pesona Ikan Louhan Kini Semakin Di Minati

Saturday, 2 January 2021 | 13:54 WIB Last Updated 2021-01-02T06:54:56Z

Foto: Document Google



Cianjur//JN - Ada banyak ikan hias yang senantiasa digandrungi masyarakat diantara ikan Arwana, koi dan cupang. Ikan-ikan tersebut seakan tak pernah kehilangan daya tariknya sebagai hiasan hidup didalam akurium. Namun louhan tak kalah menarik juga untuk dipelihara sebagai penghias akuarium terlebih ikan ini cukup mudah untuk dibudidayakan. Oleh karena itu Ikan louhan yang pernah jadi primadona beberapa tahun silam kini kembali digandrungi oleh masyarakat.

Tak dapat dipungkiri bahwa pecinta louhan klasik maupun modern dalam waktu singkat sudah hampir tersebar di setiap kota besar di Indonesia. Begitu pun yang di Kabupaten Cianjur.

Karena semakin maraknya pecinta ikan louhan, seorang pecinta ikan hias asal Cianjur yang akrab si sapa Babe Asep mulai membudidayakan ikan Louhan sejak enam bulan silam. Bukan hanya katena kecintaan kepada jenis-jenis ikan hias semata, Babe Asep termotivasi membudidaya ikan louhan guna menunjang dan meningkatkan ekonomi micro selepas Covid-19 mewabah.


Foto: Babe Asep


Babe Asep selaku orang yang namanya tersohor karena ketekunan dalam budidaya ikan louhan tidak sungkan berbagi informasi dan saran mengenai pemeliharaan dan budidaya ikan tersebut  kepada siapa pun, hal ini terbukti ketika Ia dikonfirmasi dikediamannya yang beralamat di Rt06/03 No. 12, Kampung Salakopi Desa Majalaya, Kecamatan Cikalong Kulon cisnjur pada hari Sabtu (2/01/21).

Ia menjelaskan mengenai berbagai jenis ikan louhan diantaranya F2 Read King Kanfa, F2 King Super Red Thailand dan F2 Mongkol Thailan.


Foto: F2 Read King Kanfa


Foto: F2 King Super Red Thailand 




"Red King Kanfa seri F2, ini ikan ori dari Thailand dan harga dipasarannya pun bervariasi, dimulai dari Rp.750.000 tergantung ukurannya juga. Kalo untuk Super Red Thailand ini pasaran 1,5 juta, soalnya kalo udah jadi ini bisa mahal banget di pasaran. Nah untuk Kanfa Sultan ini bisa dibilang rajanya ikan louhan, ukuran kecil aja bisa nyampe Rp.500.000 ikan Sultan kalo menurut orang-orang dipasaran" ungkapnya menjelaskan jenis-jinis louhan beserta harga pasarannya.

"Kalo dari segi pakannya Kita gak kasih konsumsi sembarangan demi menjaga kualitas ikan. Kadang-kadang Kita pesan dari Thailand tapi ada juga Brother Kita juga yang punya pakan jenis ayu lohan, itu pakannya bagus buat pertumbuhan empat unsur, jadi maksudnya empat unsur tuh buat naikin kepala, shining mutiara, shining warna dan shining body" pungkasnya.

Dalam upaya budidaya ikan louhan, babe benar-bebar teliti demi menjaga kualitas terbaik ikan tersebut, sebab menurutnya daya tarik dari ikan louhan tidak semata pada warna maupun kepala melainkan juga kesehatan ikan juga yang akan menunjang kualitas ikan dipasaran. (Mahdi Ben)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update