-->

Notification

×

Bupati Ciamis Lantik 143 Kepala Desa Terpilih Periode 2021 - 2027

Wednesday, 3 February 2021 | 12:19 WIB Last Updated 2021-02-03T05:19:25Z



Ciamis, journalnews.co.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengambil sumpah jabatan dan melantik sebanyak 143 Kepala Desa terpilih periode 2021-2027 bertempat di Stadion Galuh Ciamis, Rabu (03/02/21).




Acara pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Ciamis, Sekretaris Daerah, Para Asisten Daerah, Ketua DPRD  dan unsur Forkopimda seperti Kapolres Ciamis, Dandim Ciamis, Kajari, Ketua MUI beserta para SKPD terkait lainya.




Acara tersebut juga dilaksanakan secara virtual yang diikuti oleh 27 Kecamatan se Kabupaten Ciamis dan disiarkan langsung dalam chanel Youtube Diskominfo Ciamis.

Diawal sambutannya, Bupati Ciamis menyampaikan ucapan selamat kepada para kepala desa yang baru dilantik.

"Selamat kepada bapak dan ibu dari 143 desa yang baru dilantik, semoga dapat mengemban tugas, mengemban amanah dengah sebaik baiknya," Ungkapnya.

Bupati Herdiat berpesan kepada para kepala desa yang telah dilantik agar dapat melupakan proses pilkades yang telah lalu dan lebih fokus untuk membangun desa.

"Lupakan Pilkades yang telah lalu, tentu dalam pemilihan ada yang mendukung dan ada yang tidak, akan tetapi sesudah dilantiknya bapak ibu semua tentu semuanya adalah masyarakat bapak ibu semua tanpa pilih-pilih," ucapnya.

Adapun amanat Bupati yang disampaikan pada kesempatan tersebut, yaitu dalam melaksanakan tugas sehari hari perangkat desa harus tertib administrasi terutama tata kelola keuangan. 

"Dalam melaksanakan tugas sehari-hari terutama masalah administrasi keuangan saya harapkan bapak ibu semua untuk dapat tertib dalam pengelolaanya sesuai dengan perundang-undangan," kata Bupati.

Menurutnya anggaran keuangan desa saat ini cukup besar bahkan lebih besar dari SKPD oleh karenanya para kepala desa harus benar-benar tertib mengelolanya karena diawasi dan dipantau oleh masyarakat.

"Kondisi saat ini, desa itu luar biasa, kadang kadang anggaran APBDes lebih besar, dan tidak kurang dari 2 Milyar bahkan ada juga yang lebih, dengan begitu tentu itu harus ada ketelitian". 

" Jangan lupa, kita ini bekerja di awasi, di pantau oleh masyarakat sekitar, dan oleh semuanya, saya tidak mau bila sampai ada yang terjerat hukum." tandasnya.

Terakhir Bupati Herdiat mengajak para kepala desa untuk sama-sama membangun dan menata desa masing-masing agar menjadi lebih baik dan lebih maju.

"Bekerjalah dengan semangat, tulus serta ikhlas, kita akan mampu dan bisa apabila berjalan bersama-sama seirama untuk memajukan Tatar Galuh Ciamis, insyalloh tuhan selalu memberikan petunjuk kepada kita sekalian.
 pungkasnya.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Ciamis Ika Darmaiswara mengatakan bahwa pelantikaan kepala desa adalah sebagai bentuk legalitas formal untuk menjalankan tugas jabatan sebagai kepala desa hasil proses demokrasi di tingkat desa.

Ika melaporkan sebanyak 142 Kepala desa dilantik secara langsung oleh Bupati Ciamis dan satu orang mengikuti pelantikan secara virtual. 

Selanjutnya Ia menyampaikan bahwa pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan 143 kepala desa tersebut telah memenuhi Protokol kesehatan. (Prokopim Ciamis/Edis 57)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update