-->

Notification

×

Gali Potensi Desa, Kades Ciloto Gelar Pelatihan Terhadap Pemuda-Pemudi Daerah

Thursday, 11 February 2021 | 18:16 WIB Last Updated 2021-02-12T04:04:53Z


Cianjur, journalnews.co.id - Desa Ciloto Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur, memiliki banyak sumber pontesi agraris juga potensi wisata daerah diantaranya restoran dan hotel juga. Oleh karena itu Marwan selaku Kepala Desa mempunyai inisiatif yakni menggali potensi dan mencari pemuda kreatif dan produktif guna turut serta dalam mengolah sumber potensi diwilayah Desa Ciloto dengan mengadakan kegiatan pelatihan ketenaga kerjaan di aula desa yang dihadiri oleh 35 peserta.

Dalam acara pembukaan kegiatan tersebut, Anwar selaku Sekdes menyampai tujuan dari program pelatihan ketegakerjaan ini yakni, Pemdes berharap bisa menggali segala potensi yang ada di desa tersebut sekaligus menekan angka pengangguran sehingga tingkat ekonomi dimasyarakat bisa meningkat. Selain di isi oleh jajaran Pemdes, agemda tersebut juga dihadiri BPD dan para pembimbing (mentor). Selin itu Anwar juga memapatkan sumber anggaran yang alokasikan dalam agenda tersebut yakni bersumber dari Pajak Dana Bagi Hasil (DBH).

Ketika dikonfirmasi di kantor Desa Ciloto hari Selasa (12/02), Marwan menuturkan terkait konsep yang tengah Ia rancangan rencanya bersama jajaran  Pemdes.
Gambar: Marwan Kedes Ciloto


"Kami senantiasa memikirkan warga masyarakatnya yang pada menganggur. Selaku Kepala Desa wajib mengambil inisiatif untuk kearah lebih maju, maka pihak desa mengadakan pelatihan tenaga kerja untuk para pemuda dengan sarat lulusan SMA/Sederajat untuk pelatihan dalam dua bidang diantaranya perhotelan dan pertanian. Dengan statistik 70% untuk Holel, 30% untuk pertanian, kerena diwilayah puncak banyak Hotel juga pertanian sebab antara pihak desa dengan pihak perusahaan telah sepakat menjalin kerjasama" ungkapnya.

"Setelah selesai pelatihan akan ditempatkan sesuai bidangnya, itupun terlebih dahulu dikenalkan kepada peluku usaha, supaya tidak canggung ketika siap bekerja" tambahnya.

"Niat Kami ini terutama untuk mengurangi pengangguran diera global. Dan ini rupakan sebuah perjuangan yang luhur juga melaksanakan cita- cita mulia semoga terwujud. jikalau ada yang minat serius untuk ikut pelalatihan silahkan dan itu diharapkan pihak desa" uajar Kades yang dijuluki Bapak yang setia kepada masyarakatnya.

Disiai lain, peserta yang hadir pun menyampaikan rasa terima kasihnya atas program tersebut yang dinilai sebagai program yang begitu solutif guna menjawab sebuah tantangan arah masa depan pemuda dan desa. (Ateng Permana)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update