-->

Notification

×

Hujan Deras Akibatkan Longsor Disepanjang Sungai Cikundul Kabupaten Cianjur

Sunday, 21 February 2021 | 22:06 WIB Last Updated 2021-02-22T00:53:51Z


Cianjur, journalnews.co.id - Telah terjadi longsor di Kampung Rawa Sampih Rt. 03 Rw. 06  Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur pada Minggu (20/02) sekitar pukul 15:00 WIB. Longsor menutupi aliran jalur irigasi sampai jebol ke Kali Cikundul yang panjangnya sekitar 20m dan tinggi sekitar 20m. Penyebab terjadinya longsor diperkirakan karena tingginya curah hujan.





"Jika dikerjakan oleh masyarakat dan swadaya sangat terbatas, disebabkan masalah air sangat penting, kerena sumbernya yang dipakai warga masyarakat air dari irgasi. Hàl ini dibutuhkan oleh masyarakat di empat desa. Mohon bantuannya kepada pemerintah pusat untuk mempercepat proses bantuan tersebut. Saya sebagai Kepala Desa Cikancana sudah memberitahukan kepada empat desa yang terkena longsor. Diantaranya masyarakat Desa Cikancana, Desa Sukamah, Desa Mekar Jaya dan Desa Majalaya." ungkap Kepala Desa Cikancana menuturkan. 


"Kejadian longsor di lokasi jalur ini sudah ada tiga titik yang jebol, telah di laksanakan evakuasi oleh masyarakat secara swadaya, tetapi kejadian ini tidak bisa di tangani sepenuhnya oleh masyarakat karena keterbatasan alat, mohon bantuan pemerinta Kabupaten maupun pemerintah pusat, terima kasih sebelumnya dan mohon dengan sangat untuk di perhatikan." ujar Nanang Kepala Desa Cikancana dengan nada lirih. 




"Musibah ini fakta dan Pemerintah Daerah bisa melakukan survey langsung ke lapangan. Kondisi ini bersifat sangat urgent dan memperhatinkan untuk digunakan masyarakat umum. Aliran air dari sungai yang terganggu oleh longsor sangat diperlukàn untuk keberlangsungan masyarakat dan salahsatunya adalah petani. Saya selaku Kepala Desa sudah melakukan musyawarah dengan korban yang terkena musibah tersebut. Saya bersama perangkat pasti berjuang semaksimal mungkin untuk menangani ini, akan tetapi disisi lain juga memerlukan bantuan dari Pemerintah Daerah (Bupati)." pungkas Kepala Desa dengan penuh harap. (Aeng Permana)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update