-->

Notification

×

MASJID IKOMAH UIN BANDUNG RAIH JUARA LOMBA WEBSITE MASJID PUSDAI

Saturday, 13 February 2021 | 15:09 WIB Last Updated 2021-02-13T08:09:06Z


Bandung, journalnewa.co.id - Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi salah satu juara dalam perlombaan website masjid yang diselenggarakan oleh Pusat Dakwah Islamiyah (Pusdai) Jawa Barat yang diumumkan pada Jum’at, (12/02).
Gambar: Penyerahan sertifikat oleh Ketua Pusdai JABAR, KH. M. Choirul Anam, MZD

Lomba Website Masjid ini merupakan kegiatan penutupan dari rangkaian peringatan Milad Pusdai ke-23.

Pengumuman lomba website masjid disampaikan oleh H. Ijang Faisal, M.Si, Ketua panitia lomba website masjid, di ruang utama Masjid Pusdai setelah pelaksanaan shalat Jum’at. 

Kegiatan penutupan peringatan Milad Pusdai Jabar ini dihadiri oleh Ketua Pusdai Jawa Barat, KH. M. Choirul Anam, MZD beserta seluruh pengurus serta perwakilan dari Gubernur Jawa Barat dan para Ketua DKM pemenang lomba website masjid.
Gambar: Penutupan lomba Website Masjid dihadiri Ketua Pusdai Jawa Barat, KH. M. Choirul Anam, MZD 

Penetapan pemenang lomba website masjid tingkat Jawa Barat ini didasarkan surat keputusan Ketua Pusdai Jawa Barat Nomor 01.15/6-23/pusdai/s.keputusan/II/2021 dengan Juara 1 Masjid Al-Ukhuwah Kota Bandung, Juara 2 Masjid Agung Cipaganti Kota Bandung, Juara 3 Masjid Agung Ciamis, Juara Harapan 1 masjid Baiturrahman PT DI Kota Bandung, Juara Harapan 2 Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Juara Harapan 3 Masjid Baitul Mu’min Jatiendah Cilengkrang Kabupaten Bandung.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Lomba menyampaikan bahwa lomba website masjid ini diikuti oleh 27 masjid di tingkat pemerintah Provinsi dibawah BPIC (Badan Pengelola Islamic Center), masjid tingkat lingkungan, masjid wisata dan masjid kampus. Menurutnya lomba masjid ini bukan untuk mencari juara 1, 2 atau 3 tapi untuk membangun kesadaran umat Islam terutama pengurus DKM agar bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman terutama di masa wabah Covid-19 saat ini.

“Pandemi ini merubah kebiasaan orang, yang tadinya tidak melek IT jadi melek IT. DKM sebagai Khadimul masjid, pelayan masjid, bisa melakukan inovasi dan improvisasi dalam berdakwah sesuai dengan perkembangan zaman saat ini termasuk melalui penyiapan website masjid bagi jamaahnya,” ungkapnya.

Lomba webiste masjid ini menurut Ketua Pusdai Jawa Barat, KH. M. Choirul Anam, MZD menjadi rangkaian dari peringatan milad Pusdai Jawa Barat ke-23 yang jatuh pada tanggal 2 Desember 2020. Namun, karena kondisi pandemi covid-19, milad tahun ini dilaksanakan secara sederhana salah satunya dengan lomba website masjid ini.

Rencananya untuk mendukung agar pengurus DKM seluruh Jawa Barat melek IT, Pusdai Jawa Barat berencana akan melaksanakan pelatihan pembuatan website masjid kerjasama dengan Kemenag, MUI, dan Dewan Masjid Indonesia tahun 2021.

Ketua DKM Ikomah, Drs. H. A. Bahrun Rifa’i, M.Ag menyambut gembira raihan prestasi masjid Ikomah ini. Sebelumnya DKM Ikomah menerima visitasi panitia lomba website masjid Pusdai ini pada tanggal 19 Januari 2021.

Menurutnya meski website masjid Ikomah dengan gerakan dakwah digitalnya baru berjalan sejak Oktober 2020 ternyata sudah berhasil meraih prestasi.

Kesuksesan gerakan dakwah digital melalui website masjid Ikomah ini tidak lepas dari dukungan pimpinan kampus, jamaah masjid serta kerjasama dengan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang membantu memproduksi beragam karya dakwah digital.

"Alhamdulillah masjid Ikomah UIN SGD Bandung pada Milad Pusdai ke 23 mendapat juara harapan II lomba Website Masjid Juara Pusdai Jabar, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Rektor UIN SGD Bandung, para Wakil Rektor, para Dekan, dan tim media sosial dari mahasiswa KPI di bawah koordinasi Pak Dr.Uwes Fatoni, M.Ag. Kami merasa bangga telah masuk nominasi juara.  Walaupun hanya harapan II dari 27 peserta. Mudah-mudahan ke depannya bisa meningkat menjadi Juara I, tapi dengan syarat peralatannya dipenuhi mulai dari perangkat lunak sampai perangkat keras. Walaupun begitu juga kami bersyukur bisa membawa harum nama UIN SGD Bandung di tingkat Jawa Barat. Terima kasih kepada semua sivitas akademika yang telah membantu dan mendorong Masjid Ikomah, utamanya dalam memakmurkan masjid. Jazakumullohu khoiron katsiro," tegasnya.

Diakuinya, “Di tengah keterbatasan sarana dakwah digital, masjid Ikomah telah rutin memproduksi tayangan podcast hasil ceramah kultum rutin ba’da Duhur, berita kegiatan Peringatan Hari Besar Islam serta dan video reportase pengajian majelis taklim. Sejak awal Februari 2021, DKM Ikomah juga menginisasi program KAKIKU (Kajian Kitab Kuning) yang dilaksanakan setiap malam Rabu untuk kajian Kitab Hadits Riyadhus Sholihin dengan narasumber Dr. H. Mujiyo Nurkholis M.Ag dan setiap malam Jum’at untuk kajian kitab Tafsir Al-Muyassar dengan Narasumber Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag. Semua kegiatan tersebut bisa diakses melalui channel youtube Masjid Ikomah” ungkap Ustad Bahrun.

Dr. Uwes Fatoni, M.Ag, Ketua Tim Media Masjid Ikomah yang juga sekretaris jurusan KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung turut bergembira atas raihan prestasi lomba website masjid ini. Prestasi ini perlu terus didukung oleh seluruh jamaah.

“Semoga raihan juara ini mendorong DKM Ikomah dan Tim media masjid yang berasal dari mahasiswa KPI untuk semakin bersemangat dan terus mengembangkan konten dakwah digital. Diharapkan juga partisipasi dan kontribusi dari seluruh civitas akademik UIN Sunan Gunung Djati serta masyarakat di lingkungan sekitar kampus UIN Bandung sebagai jamaah masjid Ikomah. Diharapkan para jamaah rutin mengakses, memanfaatkan dan mengapresiasi karya dakwah digital DKM Ikomah melalui website masjid ini, sehingga beragam karyanya terus berkembang dan menjadi lebih baik,” pungkasnya. (TM)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update