-->

Notification

×

Masyarakat Darungdung Gotong Royong Bangun Madrasah Dengan Anggaran Swadaya

Sunday, 14 February 2021 | 10:31 WIB Last Updated 2021-02-14T03:34:44Z


Cianjur, journalnews.co.id - Hari pertama gotong royong membangunan Madrasah dilaksanakan di Kp. Darungdung Kidul 01/03 Desa Gudang Kec. Cikalong Kulon Kab. Cianjur pada Kamis (11/02). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara gotong royong oleh masyarakat sekitar. Gotong royong tersebut tidak hanya dilakukan oleh pria dewasa saja, melainkan juga dibantu oleh elemen masyarakat lainnya dimulai dari anak-anak, remaja sampe ibu-ibu.
Gambar: Sambil bermain, anak-anak pin turut membantu dalam kegiatan gotong royong.



Gotong royong diwilayah Darungdung merupakan suatu tradisi masyarat yang senantiasa dijaga dari zaman dulu sampai sekarang.

Riki Jaelani (27) masyarakat yang turut bekerja bakti menjelaskan terkait kegiatan gotong royong masyarakat Kp. Darungdung  kepada Journal News,

"Meskipun Kampung Darungdung Kidul tak pernah dilihat dan diperhatikan oleh instansi setempat mau itu Kepala Desa Gudang atau lainnya, warga tetep bisa bergotong royong dan dapat memanfaatkn sumber daya alam sebagai bahan bangunan" ujarnya menjelaskan.

Meski budaya gotong royong sudah melekat dan masyarakat Darung Kidu sudah cukup mandiri dalam membangun sarana umum, menurut Riki Jaelani masyarakat Darundung Kidul juga mesti lebih diperhatikan lagi oleh pihak-pihak yang memiliki kewenangan terutama oleh pemdes setempat. Ia berharap agar kepala Desa Gudang lebih peduli dan lebih di perhatikan lagi di setiap kampung-kampung lainnya.

"Meski dengan adanya anggaran swadaya masyarakat untuk membangun sarana umum di kampung Darungdung kidul, gotong royong tersebuut pun bisalebih memperat lagi tali kerukunan sesama warga, akan tetapi pemdes juga mesti memperhatikan dan memperlihatkan kepeduliannya" pungkasnya.

Riki berharap agar peran Pemdes pun turut serta dalam pembangun sarana umum, baik itu mengalokasikan anggaran maupun terut serta langsung dalam membangun dan memelihara sarana umum di wilayah Darungdung. (DN)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update