-->

Notification

×

Monyet & Manusia Hidup Berdampingan Di Tagog Mandalawangi

Sunday, 14 February 2021 | 19:51 WIB Last Updated 2021-02-14T12:51:07Z
Gambar: Seorang anak tengah memberi makan kepada kawanan monyet.


Cianjur, journalnews.co.id - Segerombolan monyet di Kampung Tagog Mandalawangi Jalan Lama Citarum RT 01/03 sudah terbiasa lalu lalang di pinggir jalan tersebut mencari makan dari masyarakat yang melintas area tersesut, sebagian besar masyarakat pun sering memberi makan kepada segerombolan monyet yang berjumlah sekitar 25 ekor. Bagi masyarakat, memberi makan monyet di alam liar tapi sangat akrab dengan manusia merupakan hiburan tersendiri.
Gambar: Kawanan monyet yang akrab dengan pengunjunjung.

Menurut keterangan Pardi salah satu masyarakat sekaligus pedagang di Tagog Manggala Wangi, Segerombolan monyet liar di area tersebut pertama kali terlihat sekitar tahun 2008. Menurutnya juga, segerombolan monyet yang mendiami wilayah tersebut beralih dari habitat asalnya dikarena habitatnya tersebut rusak akibat alih filungsi lahan.

"Segerombolan monyet liar ini keluar ke jalan bukan tanpa alasan, karna habitatnya rusak. Perbukitan tempat asalnya berubah fungsi menjadi tandus" ungkap Pardi .

Menurutnya juga, alih fungsi lahan yang terjadi secara masif diwilayah tersebut butuh perhatian dari pihak-pihak terkait karena dampak dari rusaknya habitat hewan-hewan liar menjadi momok kepunahan marga satwa.

"Semoga dengan fenomena yang ada ini kita sadar akan ramah kepada alam" pungkasnya. (Ben)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update