-->

Notification

×

Program Dapur Murah Turut Meringankan Beban Sesama Dikala Pandemi

Tuesday, 2 February 2021 | 12:04 WIB Last Updated 2021-02-02T05:04:23Z
Foto: Jajaran Tiem Dapur Murah


Jakarta, journalnews.co.id - Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar belakangan ini mengalami kenaikan semenjak wabah virus Corona (Covid-19) mewabah di Indonesia. Alhasil daya beli masyarakat pun mulai menurun.

Menyadari dampak Covid-19 berpengaruh juga terhadap nilai pasar dan daya beli, Tiem Relawan Covid-19 berinisiatif membuat Dapur Murah untuk umum dilingkungan Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Program yang sudah berjalan dua bulan ini menyediakan berbagai macam masakan siap santap dengan harga sekitar 50% lebih murah ketimbang harga pasaran pada umumnya.




Berdasarkan penuturan Chairulin, selaku koordinator Tiem Relawan Covid-19 modal utama dalam pelaksanaan Dapur  Murah ini berupa bantun peratalan masak dimulai dari kompor, wajan dan peralatan masak lainnya. Adapun untuk bahan pangan Tiem Relawan Covid-19 ini menggunakan anggaran swadaya.

"Modal yang pertama selain bahan tentu saja peralatan masak dan Kami dapatkan semua itu dari bantuan Satgas Covid-19. Kalo untuk modal bahan masakannya Kami ambil dari Kocek masing dalam arti lain Kami menggunakan anggaran swadaya Tiem" Ujarnya menjelaskan

Dalam penuturannya yang lebih lanjut, dalam sehari Dapur Murah dapat memproduksi sekitar 50-70 box makanan yang disajakin dan bisa langsung habis terjual dalam waktu sekitar dua jam.

"Dalam sehari Kita memproduksi rata-rata 70 box dan itu bisa habis terjual oleh masyarakat yang membutuhkan dalam waktu dua jam" paparnya.







Dapur Murah yang terdiri dari tim utama sebanyak 3 orang ini, yakni Chairolin sebagai Koordinator dan dua orang lainnya yaitu Hari Wibowo Dwiatmija dan Suciyati. Mereka menjalankan Dapur Murah tersebut dengan Motivasi ingin membantu meringankankan beban sesama ditengah wabah Covid-19 sekarang ini. Bahkan Mereka rela berkorban tenaga dan materi dalam menjalankan programnya tersebut.

"Motivasi Kami yaitu membantu meringankan beban sesama aja, setidaknya selama masa pandemi ini dan seterusnya Kita bisa bantu Mereka yang membutuhkan uluran tangan. Kami melakuni ini tidak menarget terhadap laba yang mesti Kami dapatkan, yang terpenting setiap harinya Kami bisa membantu sesama" pungkasnya kepada awak media. (FI)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update