-->

Notification

×

Ekonomi Tengah Lesu, Ketua KBPK: UMKM Merupakan Ujung Tombak Pertumbuhan Ekonomi

Sunday, 21 March 2021 | 12:29 WIB Last Updated 2021-03-21T06:31:15Z
Gambar: Ilustrasi pertumbuhan ekonomi


Cianjur, journalnews.co.id - Di Sepanjang Jalan Haurwangi lama setiap hari minggu di gelar pasar Mingguan, yang mencakup tiga Desa yaitu Desa Haurwangi, Desa Kerta Sari dan Desa Rama Sari.

Seperti diberbagai daerah lainnya, mulanya area ini merupakan tempat car free day yang biasa diselenggarakan ditiap minggunya, namun ditutup ketika kebijakan PSBB diberlakukan, akan tetapi pasca diberlakukannya new normal area tersebut kini dijadikan pasar mingguan sebagai bentuk regulasi dibidang ekonomi pasar dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) guna memopang dan membangun kembali tingkat ekonomi masyarakat pasca wabah Covid-19. Oleh karena itu setiap pasar mingguan ini digelar para pedagang senantiasa memaptuhi protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah, karena disamping memiliki peranan membangun kembali tingkat ekonomi, para pedagang juga berhak mencegah penyebar luasan wabah Covid-19 yang senantiasa menghantui masyarakat setahun ke belakang ini.
Gambar: Salah satu pedagang di Pasar Minggu yang menjalankan usahanya dan mematuhi Prokes.

Selain itu, pihak pengelola pasar juga menekankan aturan bagi para pengunjung yang tidak memakai masker tidak diperbolehkan masuk area pasar. Hal ini senada di ucapkan oleh Dijey (51) selaku ketua dari Keluarga Besar Pedagang Keliling (KBPK).
Gambar: Dijey, Ketua Keluarga Besar Pedagang Keliling (KBPK)


"Karena Covid masih mewabah maka pengunjung mesti mematuhi potokol kesehatan" ujarnya.

Dalam penuturannya lebih lanjut, Dije juga menjelaskan untuk meningkatkan ekonomi dikalangan pelaku UMKM terbilang cukup sulit terlebih saat ini para pedagang juga masih dibayang-bayang oleh wabah Covid-19 dan peraturan yang memang mesti ditaati, oleh karena itu para pelaku UMKM juga belum bisa menjalakan usahanya secara maksimal seperti sedia kala. Menurutnya juga, UMKM merupakan ujung tombak dari pertumbuhan ekonomi, oleh karena itu Ia menghimbau kepada siapa pun untuk turut serta dalam pembangunan dan pengembangan UMKM, adapun salah satunya dengan cara mencintai produk dalam negri guna ekonomi UMKM segera bangkit. (Ben)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update