-->

Notification

×

Pembangunan Tempat Penampungan ODGJ Di Sukaresmi Resmi Dilaksanakan

Saturday, 6 March 2021 | 12:43 WIB Last Updated 2021-03-06T06:37:46Z


Cianjur, journalnews.co.id - Peletakan batu sebagai bentuk simbolis pembangunan tempat penampungan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kampung Cibadak 02/08 Desa Sukamahi Kecamatan Sukaresmi pada Sabtu Siang (06/03) dihadiri oleh jajaran dari Pemdes Sukamahi, Cikancana, Kubang dan Pemdes Cibanteng serra dihari pula oleh Di Firman Edi Selaku pihak Camat Sukaresmi, AKP Irwan Alexander, SH, MH, Danramil Kapten Eddie dan Kepala Puskesmas dari Finsos Cianjur yakni Ujang Ruhiat. Adapun rencana pembangunan tempat penampungan ODGJ ini yakni berukuran 10x6 m.


Gambar: Peletakan batu pertama sebagai bentuk simbolis pembangunan.

Masyarakat merespons pembangunan tersebut dengan baik dan penuh antusias, kerenanya tempat penampungan ODGJ sangat diperlukan guna perawatan dan pembinaan pasien lebih efektif.

Menurut penuturan Rosini selaku perawat ODGJ, Ia menuturkan terkait inspirasi dan motivasinya untuk turut dalam pembangunan tempat penampungan tersebut

"Pada awalnya ketika melihat pasien ODGJ di Desa Sukamahi Saya terinspirasi dan langsung mengambil inisiatif untuk menyembuhkan bagaimana pun caranya" ujarnya

Atas motivasinya tersebut Ialu Ia berkoordinasi dengan empat Pemdes yang terkait (Sukamahi, Cikancana, Kubang & Cibanteng) hingga pada akhirnya tempat penampungan ODGJ pun mulai dibangun.

Nanang Kepala Desa Cikancana yang dipercaya sebagai pimpinan dalam program pembangunan tersebut menjelaskan terkait awal mula perencana hingga terealisasinya pembangunan tempat penampungan ODGJ.

"Mulanya belum ada tempat penampungan. Kemudian rempug musawarah dengan beberapa desa, akhirnya tercapai sebuah kesepakatan untuk membangun tempat penampungan ODGJ" ungkapnya.

"Ini merupakan sebuah tujuan sangat mulia. Senantiasa berjuang sesuai kemapuan, dalam hal ini juga harus ada pengorbanan antara lain materi tenaga di sertai pikiran" tambahnya.

"Keberhasilan ini bukan semata-mata hasil perorangan, melainkan hasil kerjasama dan sinergi antara pemerintah dengan masyarakat. Oleh karena itu dimohon partisipasi dari pihak-pihak terkat" pungkas kades yang dikenal begitu arif ini. (Ateng permana)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update