-->

Notification

×

POKDARWIS Pulo Tunda Gelar Rapat Konsolidasi Internal

Thursday, 18 March 2021 | 16:02 WIB Last Updated 2021-03-18T09:02:44Z




POKDARWIS Pulo Tunda Gelar Rapat Konsolidasi Internal, Sambut Era Baru Pariwisata di Masa Corona.


BANTEN// JournalNews.co.id:  Kegiatan Pokdarwis Jala Tunda, Serang Banten berjalan dengan sukses. Kegiatan Pokdarwis yang dilaksanakan pada Rabu (17/03) ini dilaksanakan bersama Kepala Desa Pulo Tunda, Hasim dan Ketua BPD Didi dalam rangka kerja destinasi wisata alam dan pelastarian terumbu karang. Sedangkan Ketua Pokdarwis Jala Tunda sendiri dijabat oleh Sudirman Alay adalah sosok inspiratif kerelawanan Kegiatan Pokdarwis Pulo Tunda.


"Pokdarwis ini keberadaannya sangat penting untuk membantu pemerintah memaksimalkan aset-aset wisata daerah di seluruh Indonesia. Kami disini memaksimalkan semua potensi agar alam indah Banten ini dapat dnikmati oleh semua kalangan, karena disini ada potensi keuangan yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan warga sekitar." tutur Sudirman menegaskan.




Pariwisata adalah salahsatu jenis usaha yang kini menjadi primadona warga desa. Faktanya, hanya dalam beberapa tahun saja perkembangan wisata desa dan desa wisata, luar biasa. Siapakah sebenarnya yang beraksi hingga menciptakan lompatan besar ini, salahsatunya Pokdarwis alias Kelompok Sadar Wisata. Apa itu Pokdarwis dan siapa sajakah mereka?

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah lembaga yang didirikan warga desa yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di wilayah desa mereka serta mewujudkan Sapta Pesona. Kepariwisataan ini diharapkan bakal meningkatkan pemabngunan daerah dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi warga desa.

Pokdarwis adalah kelompok yang bergerak secara swadaya artinya pengembangan kepariwisataan yang dilakukan di desa itu bersumber dari kekuatan desa sendiri dengan segala potensinya. Pokdarwis juga harus membangun dirinya secara swakarsa alias menciptakan pengembangan berdasar potensi kreativitas yang mereka miliki karena merekalah yang memiliki kuasa atas pengembangan desa dengan segala sumber daya yang mereka miliki.

Maka beberapa hal yang harus dilakukan Pokdarwis adalah mengingkatkan pemahaman mengenai kepariwisataan. Kepariwisataan memiliki banyak cakupan mulai dari cara melihat potensi wisata di desa, mengolah daya dukung yang ada dan mengembangkannya menjadi sebuah sektor yang bisa mendongkrak pendapatan warga maupun pemasukan daerah. Maka, warga desa yang menjadi anggota Pokdarwis harus terus mengasah dirinya mengenai pemahaman kepariwisataan agar terus berkembang. (Febri Tunda)






No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update