-->

Notification

×

Porang Tanaman Dengan Nilai Ekonomis Menjanjikan, Petani Berharap Segera Memberikan Bantuan

Sunday, 7 March 2021 | 13:08 WIB Last Updated 2021-03-07T06:08:51Z
Gambar: Tanaman Porang


Cianjur, journalnews.co.id - Pada mulanya tanaman porang sering diabaikan karena dinilai sebagai tanaman liar yang di pekarangan rumah serta tidak memiliki nilai ekonomis, namun beberapa tahun terakhir ini porang mendapat tempatnya tersendiri sebagai bahan olahan pangan di pasar ekspor oleh karena itu, kini porang mulai dilirik dan dibudidayakan oleh para petani di sejumlah daerah khususnya di kabupaten Cianjur.

Umbi porang yang sering dianggap masyarakat sebagai makanan ular ini ternyata diminati diberbagai negara seperti Jepang, China, Taiwan, dan Korea. Dinegara-negara tersebut, umbi porang sering di olah menjadi tepung guna membuat beragam aneka makanan seperti mie dan lainnya.
Gambar: Umbi porang


Lalu apa itu porang yang kini tengah viral diberbagai belahan negara? Menurut keterangan Heri (Red: petani porang) yang tinggal di kampung Pasir gede Desa Sukaluyu kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur jabar, Minggu (07/03) "Porang adalah tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus muelleri. Di beberapa daerah di Jawa, tanaman ini dikenal dengan nama iles-iles" ujarnya.
Gambar: Heri, petani porang

Heri pun menambahkan, "Porang biasanya dimanfaatkan dengan diolah menjadi tepung yang dipakai untuk bahan baku industri untuk kosmetik, pengental, lem, mie ramen, dan campuran makanan" tsmbahnya.

Meski memiliki nilai ekonomis yang menjanjikan serta pangsa pasar yang jelas, akan tetapi para petani porang mengeluh karena menurut mereka pemerintah dan dinas terkait seakan tidak mempedulikan dengan kesempatan yang luar biasa ini, oleh Karena itu, Heri mewakili para petani porang berharap pemerintah mulai sigap terhadap para petani porang sebab sebagai negara agraris dengan dikaruniai tanah yang subur, budidaya porang masyarakat Kita bisa lebih unggul ketimbang negara-negara pesaing.
Gambar: Jajaran DPC Perkumpulan Petani Penggiat Porang Nusantara (PPPN) Cianjur

"Kami atas nama seluruh petani porang sangat berharap ada dukungan dan bantuan dari pihak Dinas atau pemerintah yang terkait" Pungkasnya diakhir perbincangan. (H. Asep MR)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update