-->

Notification

×

Selain Demi Menjaga Lingkungan, Pengelolaan Sampah di Desa Cirama Girang Juga Memiliki Nilai Ekonomis

Tuesday, 16 March 2021 | 10:07 WIB Last Updated 2021-03-16T03:07:56Z
Gambar: Kalkulasi & transaksi sampah di area Desa Cirama Girang


Cianjur, journalnews.co.id - Sampah merupakan barang yang sudah dibuang dan di nilai tidak lagi bernilai, namun tidak untuk di Desa Cirama Girang, Kecamatan Cikalong Kulon Cianjur, buang sampah bisa menghasilkan Uang.

Angga selaku ketua forum peduli Desa Cirama Girang yang memplopori greni sampah ini dengan jajaran desa Cirama Girang. Menurutnya, persoalan sampah jika tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan kerusakan pada lingkungan, oleh karena itu demi mengantisipasi hal tersebut perlunya ada pengelolaan sampah yang efektif bahkan mempunyai nilai ekonomis yang bermanfaat untuk pihak terkait yang rela berkorban mengelola sampah dan menjaga lingkungan.

Gambar: Sampah yang hendak di angku oleh pengelola

Adapun jenis-jenis dan harganya yaitu, jenis sampah plastik Rp. 2500/KG, sampah kertas Rp. 2000/KG, sampah logam Rp. 2500/KG dengan pembagian 50% untuk warga 15% untuk mitra si penjemput sampah, untuk RW 5%, untuk greni 15 sebagai aplikasi, 15% untuk tempat sampah Warga.

Semoga dengan trobosan yang briliaan ini patut di contoh untuk Desa-desa yang lain di khususnya diwilayah Kabupaten Cianjur. (Ben)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update