-->

Notification

×

Menjelang Ramadhan Kolang-kaling Kian Diminati Konsumen

Wednesday, 7 April 2021 | 12:44 WIB Last Updated 2021-04-07T05:44:03Z
Gambar: Masdi, tengah mengolah kolang-kaling hasil panen dikebun miliknya


Cianjur, journalnews.co.id - Menjelang Ramadhan yg tinggal menghitung hari di tahun ini membawa berkah musiman bagi para petani pohon aren terutama di wilayah Desa Leuwikoja Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur. Bukan hanya sari air niranya saja yg di manfaatkan tetapi juga buahnya yg terkenal dapat menimbulkan gatal apabila tidak ditangani oleh sang ahlinya mulai di pesan banyak konsumen.

Permintaan kolang-kaling ini akan terus meningkat hingga memasuki bulan Ramadhan nanti. Kolang-kaling ini di jual ke pengepul kemudian masuk ke pasar. 

Produksi kolang-kaling atau disebut warga setempat caruluk itu baru muncul mendekati bulan puasa atau Ramadhan saja. Menurut Masdi, salah satu pengrajin kolang kaling mereka memanfaatkan buah aren yang banyak tumbuh di gunung dekat rumah.

"Saat ini harga kolang-kaling di tingkat perajin masih berkisar Rp.8.000,-/kilogram. Jika mendekati bulan puasa bisa mencapai Rp.10.000,- hingga Rp.12.000,-/kilogram," ujarnya saat ditemui media JN pada Rabu siang (07/04/21)

Kolang-kaling ini diambil dari kebun sendiri dan sebagian lagi dibeli dari kebun warga lainnya dengan harga Rp 10.000,- per tandan. Setelah direbus dan dikupas tiap tandan bisa menghasilkan hingga 50 kilogram kolang-kaling bersih. (IM)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update