-->

Notification

×

PULUHAN RUMAH RUSAK AKIBAT ANGIN KENCANG

Friday, 2 April 2021 | 17:19 WIB Last Updated 2021-04-02T10:19:39Z


Painan, journalnews.co.id - Angin kencang yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) telah mengakibatkan puluhan bangunan rumah masyarakat menjadi rusak. Sejumlah pohon tumbang dan menimpa bangunan rumah masyarakat.

Kepala Seksi Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel, Hasnul Karim mengatakan, dari data yang dihimpun, kerusakan rumah warga akibat angin kencang.

“Sebanyak 41 unit rumah rusak  ada yang kategori rusak ringan hingga sedang. Selain rumah, atap bangunan kantor dan kubah Masjid Raya Painan juga rusak,” kata Hasnul kepada Awak Media Jumat (2/4/2021) di Painan.

Hasnul mengharapkan masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam seperti banjir dan angin kencang. Kata dia, saat kondisi cuaca yang abnormal sekarang, warga perlu bersiaga agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat ini, cuaca angin kencang juga masih terus terjadi. Pengendara atau pelintas jalan yang melewati kawasan yang ada pohon besar dan rindang agar lebih meningkatkan kehati-hatian. Sebab potensi pohon tumbang akibat angin kencang bisa terjadi sewaktu-waktu.

“Potensi pohon tumbang karena angin kencang pasti ada. Justru itu, pengendara yang melewati area pohon besar di perbukitan dan jalan supaya waspada dan hati-hati,” ingatnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi pohon tumbang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pessel juga memotong pohon besar dan rindang di sejumlah titik, di jalan utama pusat Kota Painan. Bahkan, sebagian juga ada yang harus.

Pengawas Kebersihan Bahu Jalan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pessel, Roni menjelaskan, terdapat enam titik pemotongan pohon pinggir jalan yang sudah besar dan rindang.

Kata dia, empat titik sudah dipotong di kawasan jalan raya Nagari Salido, sementara, dua titik lainnya di jalan utama Kota Painan, seperti di persimpangan Masjid Raya Painan dan dekat TK Bhayangkari.

Menurutnya, pemangkasan pohon perlu dilakukan untuk menghindari kecelakaan seperti pohon tumbang yang bisa mengenai pengendara. Sebelumnya, satu unit mobil Avanza juga pernah tertimpa pohon tumbang di kawasan jalan raya Nagari Salido.

Akibat peristiwa itu, bagian atas mobil mengalami kerusakan, namun beruntung tidak ada korban jiwa.

Pada 1 April 2021 lalu, BPBD Pessel melaporkan peristiwa angin kencang membuat sejumlah pohon di empat kecamatan ikut tumbang. Di antaranya, di Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, IV Jurai dan Batangkapas. (JUL/FICH)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update