-->

Notification

×

Satpam Wajib Miliki KTA Dan Ijazah, Berapa Biaya Pembuatannya ?

Thursday, 15 April 2021 | 10:36 WIB Last Updated 2021-04-15T03:40:11Z


Cianjur, journalnews.co.id - Profesi Satuan Pengamanan (Satpam) jadi salah satu pekerjaan yang sangat familiar di masyarakat. Satpam sangat mudah dijumpai, baik disetiap gedung perkantoran dan juga di setiap perusahaan lainnya.(15/04) 


Sesuai namanya, tugas satpam adalah memberikan jasa keamanan sebagai pekerja pengamanan swakarsa atau pemswakarsa,satpam juga banyak membantu tugas aparat penegak hukum.


Untuk menjadi satpam juga tidak bisa sembarangan. Sebelum menjadi satpam, seseorang diwajibkan mengikuti pendidikan dasar keamanan yang diselenggarajan Kepolisian.


Salah satu syarat wajib yang harus dimiliki satpam yakni kartu tanda anggota ( KTA) dan ijazah. Lalu biaya yang perlu dikeluarkan untuk memiliki kedua dokumen pam swakarsa tersebut ?

Biaya penerbitan KTA dan ijazah untuk propesi satpam sudah diatur dalam peraturan pemerintah Nomor 60 tahun 2016 tentang jenis dan tarip atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada kepolisian republik indonesia.


Dalam regulasi yang disahkan oleh presiden Joko Widodo ( Jokowi ) tersebut,biaya penerbitan KTA satpam masuk dalam penerimaan negara bukan pajak ( PNBP ) polri ditetapkan sebesar Rp 75.000 per kartu.



Sementara untuk PNBP penerbit ijazah satpam ditetapkan pemerintah sebesar RP 85.000 Per penerbitan.Teranyar,satpam diatur dalam peraturan kapolri  Nomor 4 tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa.para swakarsa didefinisikan mengemban fungsi kepolisian yang diadakan atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan masyarakat sendiri yang kemudian memperoleh pengukuhan dari Polri.


"Di lapangan, pam swakarsa terdiri dari satuan pengamanan alias satpam dan satuan  keamanan lingkungan atau satkamling.Penguatan fungsi satpam ini diperkuat dengan sejumlah perubahan dalam tubuh lembaga pengamanan  terdekat dengan masyarakat tersebut." pungkas penjelasan Brifka Yudy. (HAM23)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update