-->

Notification

×

Seluruh Pemerintah Desa Kecamatan Cianjur Gelar Pelatihan Pendataan SDGS

Friday, 9 April 2021 | 16:54 WIB Last Updated 2021-04-09T09:55:39Z




Cianjur, journalnews.co.id - Berdasarkan Peraturan Menteri desa PDTT Nomor 13 Tahun  2020 tentang priotitas penggunaan dana desa Tahun 2021 Pasal 6 ayat ( 2 ) huruf a bahwa pendataan desa, pemetaan potensi sumberdaya dan pengembangan teknologi informasi komunikasi. Sebagai upaya memperluas kemitraan untuk pembangunan desa,untuk itu setiap desa di haruskan melsksanakan pemutakhiran data SDGs desa, dimana salah satu kegiatannya adalah melasksanakan pelatihan untuk para pendata.


Dimana lima desa di kecamatan Cianjur  yang terlibat dalam pelatihan tersebut adalah, Desa Nagrak, Limbangansari, mekarsari, Babakan Karet dan Desa Sukamaju, yang akan di gelar mulai tanggal 6 sampai tanggal 9 April 2021.



Adapun  aparat dan unsur yang terlibat mulai dari aparat Desa, PKK, LPM, karangtaruna, serta Rt/ Rw, yang nantinya akan diterjunkan ke lapangan sebagai petugas survey pendataan (Enumerator) dengan menyebarkan kuesioner untuk keluarga, dan juga sebagai pengiput ke Aplikasi Android SDGs desa.


Ruang lingkup pendataan yang konprehensip ini akan terpetakan berbagai Deskripsi,mulai dari Deskripsi lokasi, NIK Kepala Keluarga, Nomor KK, dan kondisi  fisik rumah tinggal, status,luas,dan penerangan rumah, energi yang dipakai memasak, sampai fasilitas MCK, sumber air dan lainnya. Serta gambaran kondisi ril lingkungan sekitar.



Namun akses lainpun menjadi target pendataan mulai dari  akses dan fasilitas pendidikan, keseha tan, sarana dan prasarana tranfortasi, status sosial, sampai pada pemanfaatan penerima program pemerintah seperti BLT Desa, Program keluarga harapan (PKH )Bantuan sosial tunai (BST) Bantuan presiden(Banpres) Bantuan untuk pekerja, dan UMKM. Serta bantuan pendidikan anak dan lainnya.


Kepala desa Nagrak Hendi, berharap banyak  dari hasil pendataan ini, pemerintah desa dapat membuat perencanaan pembangunan desa secara  konprehensif dan dapat memilah dan memilih  skala perioritas, yang tentu saja  dapat memberi manfaat optimal bagi masyarakat untuk semua lapisan dan status sosial. Apalagi Pemerintah pusat berencana,bahwa hasil Pendataan ini akan menjadi acuan kerja dalam rangka menunjang  RPJMN ( Rencana pembangunan jangka menengah nasional, red. ) tahun 2020 sampai tahun 2024.ujarnya, optimis.(All 65) 

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update