-->

Notification

×

Teratai Cinta, Keindahan Tiada Tara

Monday, 26 April 2021 | 09:45 WIB Last Updated 2021-04-26T03:16:30Z

Oleh: Dedi Herdiana, MM. Penulis adalah Sekjur Prodi PMI FDK UIN SGD Bandung dan Pemerhati Sosial Budaya Jawa Barat.


OPINI. journalnews.co.id: Teratai cinta...Bunga teratai yang sering kita jumpai di kolam terkesan sebagai tanaman lokal. Tanaman  teratai tumbuh pertama kali di Mesir dan kerap dijadikan  simbol kehidupan (matahari) dan kelahiran kembali. Bahkan  umat Budha menjadikan bunga ini sebagai simbol suci yang melambangkan kekuatan mistis, simbolisasi yang mewakili cinta dan kemurnian hati.


Tanaman teratai  tidak hanya cantik akan tetapi ia juga unik. Ia hidup di air tapi ia tidak basah karena daunnya yang indah itu seperti terlapis lilin. 


The quote of life. "Saur kiyai kulkas mah hirup di kampung tapi teu kampungan. Deet tapi ngepret" sehingga jika terkena air akan berubah menjadi butiran dan tidak meninggalkan bekas. 



Gambar: Bunga Teratai, syarat dengan makna filosofis, menjadi simbol keindahan dan cinta bagi para Pecinta. 


Ia juga mampu memelihara air  tetap dingin menyejukan serta mampu melindungi ikan dari paparan sinar matahari langsung. 


Yang tak kalah istimewa, teratai mampu mempercantik ekosistem sehingga kondisi air yang keruh akan terlihat bersih dan menyejukan. Kalaupun teratai harus tumbuh dalam lumpur, ia pun tumbuh menghiasi lingkungannya  dengan menampilkan daun yang hijau pekat dan bunga yang kontras indah. 


Semua mata terpesona melihatnya dan melahirkan rasa damai yang mendalam, bagi mereka yang memahami kesejatian hidup dan kehidupan ini. 


Tidakkah kita mencoba menginspirasi pandangan kita dengan pesona teratai yang melambangkan keindahan? Latihlah diri di tengah-tengah kekurangan  dan kelemahan pasangan hidup kita  dan teruslah berusaha agar kita terkesan santun dan sempurna dihapan  pasangan kita (perfeksionis) seperti indah  teratai meskipun tumbuh di lingkungan air keruh sekalipun. 


Ia seakan menggambarkan sebuah rangkaian (proses) hidup yang sempurna. Hiduplah kita dan belahan jiwa kita dengan bahagia. Amin...(Redaksi)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update