-->

Notification

×

Tidak Hanya Di Ciranjang, Ketinggian Kabel PLN Di Beberapa Kecamatan Juga Tidak Sesuai Standar

Thursday, 8 April 2021 | 18:40 WIB Last Updated 2021-04-08T12:35:37Z
Gambar: Kabel PLN tegangan tinggi nyaris menyentuh tanah


Cianjur, journalnews.co.id - Membahas pelayanan PLN tidak ada habisnya di Cianjur ini, di kampung Curugada RT 06/01 Desa Babakan Caringin Kecamatan Karang Tengah, terdapat Kabel tegangan tinggi yang ketinggian kabelnya hanya kisaran setengah meter dan nyaris menyentuh tanah. Sedangkan standar untuk aliran listrik menengah (20 kilovolt-kv) ketinggiannya adalah 11 meter dan untuk aliran listrik menengah ke bawah 9 meter.
Gambar: Di bagian tertinggi, kabel masih dapat dijangkau oleh tangan seorang remaja

Kelandeian kabel yang nyaris menyentuh tanah di daerah tersebut berlangsung cukup lama dan ada kesan pembiaran dari pihak PLN. Tak hanya itu, beberapa daerah Mande dan Ciranjang ada cukup banyak kabel yang hanya menyangga pada rumpun bambu milik warga dengan ketinggian kisaran 100cm dari tanah. Bahkan beberapa waktu lalu seorang anak di Ciranjang harus meregang nyawa akibat tersengat kabel milik PLN yang ketinggiannya tidak sesuai standar.

AR (54) salah satu warga Desa Babakan Caringin mengeluhkan hal ini. Ia merasa khawatir kabel dengan ketinggian tak sesuai standar tersebut mengancam keselamatan masyarakat daerah tersebut, terlebih kabar tentang seorang anak yang tewas akibat tersengat kabel menimbulkan paranoid tersendiri dikalangan masyarakat

"Tolong Pihak PLN memperhatikan masalah ini, kabel tegangan tingg  yang nyaris menyentuh tanah terkesan asal-asalan karena tidak ada tihang permanen yang menopangnya. Dan ini bisa mengancam keselamatan masyarakat yang hendak beraktifitas di area dekat kabel" ujar AR pada Kamis (8/4/21).

"Di mohon pihak PLN segera membetulkan kabel yang asal-asalan dan tanpa tihang permanen yang kokoh" tambahnya.

"Jangan sampai ada kejadian seperti di Ciranjang ada jatuh korban baru ada tindakan" pungkasnya. (Ben)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update