-->

Notification

×

Tingkat Ekonomi Belum Pulih, Pengusaha Kue Tambang Di Karang Tengah Alami Penurunan 70%

Tuesday, 6 April 2021 | 16:50 WIB Last Updated 2021-04-06T10:22:20Z
Gambar: Ilustrasi grapik ekonomi yang menurun drastis


Cianjur, journalnews.co.id - Dampak dari wabah Covid-19 terhadap ekonomi mikro masih dirasakan oleh para pengusaha menengah ke bawah, tak sedikit para pengusaha tersebut yang nyaris tumbang akibat menurunnya pendapatan. Hal ini dirasakan oleh Darsono (40) selaku salah satu pengusaha kue tambang.
Gambar: Darsono pemilik UMKM Kue tambang

Saat ditemui pada hari Selasa (06/04/21) di kediamannya yang beralamat  Kampung Cibarengkok RT 05/02, Desa Babakan Caringin, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Cianjur. Ia yang sudah memulai usahanya sejak lima belas tahun kebelakang menjelaskan kondisi usahanya yang kian menurun akibat dampak dari wabah Covid-19.

Menurutnya, kondisi belakang ini merupakan situasi yang paling parah yang pernah dialaminya semenjak Ia memulai usahanya. Dengan rata-rata biasanya Ia mampu memproduksi kue tambang sebanyak 5 (lima) kwintal dengan jumlah karyawan sebanyak 30 orang kini hanya mampu memproduksi 1 (satu) kwintal saja dengan jumlah karyawan yang tersisa 10 orang. Hal ini dikarenakan tingkat daya beli pelanggan diarea market penjualannya seperti Bandung barat, Cianjur selatan dan Cikalong menurun secara drastis pasca Covid-19 mewabah.
Gambar: Darsono yang tengah siap mendistribusikan Kue tambang yang sudah di packing

"Sebelum pandemi dalam sehari Kami bisa memproduksi kue tambang sebanyak 5 kwintal dengan 30 karyawan sedangkan sekarang alhamdulilah masih bertahan walaupun pendapatan hanya berkisar 30% dari biasanya" ujar Darsono
Gambar: karyawan Darsono yang tengah bekerja


Dengan kemerosotan pendapatan yang mencapai angka 70% tentu bukan hal yang mudah baginya mempertahankan usahanya tersebut. Sedangkan UMKM seperti usaha miliknya merupakan salah satu penopang roda ekonomi yang diharapkan segera membaik. Oleh karena itu Darsono berharap kepada pemerintah untuk lebih jeli dan memperhatikan para pelaku UMKM seperti dirinya. (Ben)

No comments:

Post a comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update