-->

Notification

×

Warga Desa Ciandam Kecamatan Mande Pertanyakan RJIT

Tuesday, 20 April 2021 | 21:44 WIB Last Updated 2021-04-20T14:46:00Z

 

CIANJUR, journalnews.co.id - Pemdes Ciandam Kecamatan Mande Cianjur, realisasikan pembuatan RJIT ( Rehabilitas Jaringan Irigasi Tersier ),  panjang 250 M tinggi 1 M dengan anggaran Rp 75 jt dari Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur, dalam pekerjaan RJIT seharusnya di kelola oleh klompok petani.(20/04) 


Dengan swakelola lewat petani, jaringan tersier yang di bangun akan lebih baik, karena petani akan merasa lebih memiliki.



Program RJIT di bangun harus tepat sasaran dan tidak asal asalan, karena program ini untuk kepentingan para petani, agar menghasilkan hasil tani yang meningkat.

Mayoritas RJIT dilakukan melalui bansos oleh petani, itu akan lebih kuat, lebih bagus volumenya, bahkan akan lebih panjang dari yang di tetapkan, sebab mereka akan merasa lebih memiliki ketimbang perangkat Desa.



RJIT Desa ciandam banyak di pertanyakan warga, karena warga merasa di bohongi oleh pihak Desa. Salahseorang warga menuturkan perihal p

"Pembangunan RJIT ini di biayai oleh hasil swadaya masyarakat bukan dari dinas, karena ketika di pertanyakan masalah ini tidak ada tanggapan. Sehingga dananya hasil dari pada iyuran warga yang bertani di sekitaran saluran RJIT." pungkas salah seorang warga.



"Di sisi lain saat JN mendatangi salah seorang kadus Desa ciandam ia memaparkan, bahwa pembangunan ini di danai oleh dinas pertanian yang di kelola oleh Karang taruna," ujar kadus.


"Banyak kejanggalan dan kurangnya keterbukaan atau penyuluhan untuk para petani, bahkan pihak BPP berdalih, bahwa pihak pertanian belum mengadakan kegiatan atau pembangunan." ujar bu hesti BPP.(Rafli Hidayat) 

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update