-->

Notification

×

GUNUNG PADANG CIANJUR ADALAH PIRAMIDA TERTUA DIDUNIA

Friday, 28 May 2021 | 11:04 WIB Last Updated 2021-05-28T04:04:16Z
Gambar: Situs Gunung Padang yang terletak di Kabupaten Cianjur.


Cianjur, journalnews.co.id - Gunung Padang adalah sebuah situs prasejarah zaman Megalitikum yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.
Saat pertama kali ditemukan pada awal abad ke-20, Gunung Padang berhasil membuat para peneliti Eropa takjub akan bentuk dan strukturnya.

Bahkan, kompleks berbatu yang dianggap sebagai keajaiban arkeologi ini juga dikatakan merupakan situs megalitik terbesar di Asia Tenggara.

Nah, masih ada hal lain yang lebih menakjubkan dari itu,yaitu hasil dari sebuah studi terbaru yang dipublikasikan pada pertemuan American Geophysical Union 2018.

Peneliti Indonesia saat itu memaparkan seluruh data dan informasi yang menunjukkan bahwa Gunung Padang adalah struktur piramida tertua di dunia, seperti dilansir dari National Geographic.
Apabila sebelumnya kita melihat Gunung Padang hanyalah sebuah bukit biasa, penelitian yang telah berlangsung selama bertahun-tahun tersebut membuktikan bahwa gunung ini merupakan serangkaian struktur kuno yang fondasinya berusia 10.000 tahun atau bahkan lebih.

Rupanya, peneliti mengatakan bahwa bukit berbentuk piramida ini memiliki struktur serta akar yang dalam lantaran struktur yang dimiliknya itu membungkus lereng seluas 15 hektar.
Beberapa metode survei juga digunakan peneliti, diantaranya ground penetration radar (GPR), tomografi seismik, hingga penggalian arkeologi.

Diketahui bahwa struktur ini bukanlah struktur buatan, tetapi dibangun secara berturut-turut sejak zaman prasejarah.

Bagian paling atas dari Gunung Padang adalah kolom-kolom dengan bebatuan, terdapat pula dinding, jalanan, dan berbagai ruang - diperkirakan, usianya sekitar 3.500 tahun.

Lapisan kedua yang terletak 1 hingga 3 meter di bawah bagian paling atas berusia 8.000 tahun dan merupakan susunan batuan kolom yang memang diatur dalam struktur matriks, bukan formasi batuan alami.

Sedangkan, lapisan ketiga yang berusia 9.500 tahun terdiri dari batuan bersusun. Ada pula ruang bawah tanah yang memiliki kedalaman 15 meter.

Terakhir, lapisan keempat adalah yang tertua dan memiliki selisih umur paling jauh dari lapisan-lapisan di atasnya, yakni 28.000 tahun. Lapisan tersebut disusun dari batuan basalt yang telah mengalami variasi atau diukir oleh manusia pada zamannya, meskipun belum ditemukan bagaimana cara mereka melakukannya.

Pemimpin penelitian dan ahli geofisika dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Danny Hilman Natawidjaja menduga Gunung Padang memiliki basis keagamaan, mengingat strukturnya bersifat kuno dan luas.

Melihat dari penelitian di atas yang menyebutkan bahwa fondasi Gunung Padang terbentuk sejak 28.000 tahun lalu, seharusnya benar jika situs sejarah di Cianjur ini jauh lebih tua,
Pasalnya, piramida tertua di dunia yang pernah diketahui adalah Piramida Djoser yang terletak di Mesir dan hanya berusia 4.700 tahun.

Sedangkan, Piramida Giza yang populer dan juga dibangun di Mesir hanya berusia 4.500 tahun.

Walaupun demikian, peneliti masih membutuhkan observasi lebih jauh untuk memastikan apakah Gunung Padang merupakan struktur piramida tertua di dunia. (LBn)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update