-->

Notification

×

Kasus Anak Nakal dan Korban Narkoba di Cianjur Meningkat, Begini Penjelasan Dinsos...

Saturday, 22 May 2021 | 17:08 WIB Last Updated 2021-05-22T10:18:02Z
Gambar: Gedung Dinas Sosial Kabupaten Cianjur.

Cianjur, journalnews.co.id - Selain Penangan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang terus meningkat, upaya pelayanan dan penangan kasus Anak Nakal dan Korban Narkoba (ANKN) juga kegiatan program sosial lainnya perlu adanya kerjasama antara OPD, BNN, dan Pihak Kepolisian dan  pihak keluarga yang sebagai unsur paling penting dalam mengajarkan dan mendidik. 

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cianjur mencatat, terhitung dari 2021, kasus ANKN di Cianjur mencapai angka 89 kasus dengan rata-rata usia 19 tahun ke bawah. Hal ini di ungkapkan oleh Dewi selaku Kepala Seksi (KASI) YANREHSOS ANKN.
Gambar: Dewi, KASI Dinsos Cianjur ketika di konfirmasi.

"Dari sekitar 89 kasus yang tercatat di Dinas Sosial pada awal tahun 2021 sampai sekarang dan baru beberapa bulan ini cukup meningkat di banding pada tahun sebelumya, kebanayakan usinya rata-rata 19 tahun ke bawah" ujar Dewi ketika di konfirmasi di kantor Dinsos Kabupaten Cianjur Pada Jum'at (21/5/21).

Ketika ditanya mengenai tugas dan fungsi Dinsos dalam mengani dan melayani kasus tersebut, Ia menerangkan bahwa Dinsos tidak mempunyai kewenangan dalam hal rehabilitasi dan berdasarkan peraturan pemerintah.

Menurut penuturannya, Dinsos hanya bertugas mencatat serta memberikan pelayanan fasilitasi berupa sosialisasi melalui Teksos dan bisa juga melaui TKSK. Sedangkan segala sesuatu yabg berkaitan dengan rehabilitasi itu kewenangannya ada di pusat. Sebab menurutnya juga, anggaran rehabilitasi pun ada di pusat sehingga penanganan rehabilitasi itu ada bagiannya seperti PENUAI dan JAPIKA. 

"Adapun adanya anak yang tersandung dengan masalah hukum itu kaitanya dengan pihak Kepolisian dan setelah kami menerima laporannya kami hanya bisa membantu mendampinginya serta memberikan penjelasan terhadap anak tersebut baik itu Pengedar maupun korban kecanduan" jelasnya lebih lanjut.

"Satu hal yang lebih utama dalam penangan kasus anak nakal dan korban narkoba ini adalah pendampingan orang tua dan keluarga" tandasnya. (Gun/Dns).

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update