-->

Notification

×

Objek Wisata Coklat, Potensi Luar Biasa Yang Terabaikan

Saturday, 22 May 2021 | 15:29 WIB Last Updated 2021-05-22T08:29:14Z


Cianjur, journalnews.co.id - Potensi pariwisata di Cianjur terbilang cukup banyak namun minim perhatian dari pemerintahan Cianjur, salah satunya yaitu Coklat Cikidang Bayabang yang terletak di Jl. Wana Wisata RT 03/05 Desa Cikidang Bayabang Kecamatan Mande.

Sebelumnya area yang terletak disebelah selatan Waduk Cirata dengan luas 2 hektar ini merupakan tempat biasa yang kurang terurus, namun hasil inisiatif masyarakat sekitar yang dipimpin oleh Adam (40) selaku Ketua Paguyuban Warga Coklat yang menyulap tempat ini menjadi tempat pariwisata yang cukup diminati oleh masyarakat dati tiga wilayah kabupaten diantaranya Cianjur, Purwakarta dan Bandung Barat.

Berdasarkan kerja sama antara Paguyuban Warga Coklat dan pemilik wahana, hasil pendapatan dan perawatan tempat wisata tersebut dibagi dua sesuai kesepakatan yakni 70:30 dengan rasio 70% pendapatan untuk pemilik wahana dan 30% sisanya diserahkan kepada Paguyuban Warga Coklat selaku pengelola.

Disisi lain, dengan adanya tempat pariwisata tersebut rupanya bisa menekan angka penganguran dikalangan masyarakat setempat sehingga ekonomi tingkat dapat diperbaiki meskipun tanpa ada sentuhan dari pihak desa setempat.

Hal ini rupanya cukup disayangkan, mengingat potensi pariwisata tersebut terbilang cukup ideal untuk berkembang dan mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar apabila pihak desa dan Dinas Pariwisata Kabupaten Cianjur turun tangan dan mengeksplorasi potensi tersebut.

"Padahal kawasan ini sangat ideal bila dikelola dan di bantu dari pihak desa maupun dinas terkait, bisa mendapatkan income pada desa setempat dan Dinnas pariwisata Kabupaten Cianjur juga" jelas Adam.

Sangat disayangkan, disini masih belum ada tempat ibadah (mushola) dan kamar kecil. Semoga pihak Dinas Pariwisata bisa mendengar apa yang diharapkan" ungkapnya dengan penuh harap. (Ben/DN)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update