-->

Notification

×

PT. ACS Terindikasi Tak Kooperatif, Sekitar 104 Karyawan Dirugikan

Tuesday, 18 May 2021 | 19:48 WIB Last Updated 2021-06-03T15:18:38Z



Cianjur, journalnews.co.id : Setelah diadakannya audensi dengan pihak ACS mengenai upah seluruh karyawan pada hari Rabu (12/05/21) Minggu lalu, dan berlokasi di Kampung Ramasari Rt 01/01 Desa Ramasari Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur. Antara seluruh karyawan meliputi staf, security, pengawas, logistik, kurir dokumen, supir dumptruck dan OB diduga Oman selaku direktur utama PT. ACS (Anugrah Cahaya Sembilan)  beserta rekan-rekannya sangatlah tidak kooperatif dan tidak bertanggungjawab atas kewajiban sebagai pimpinan di perusahaan tersebut.


Menurut keterangan dari perwakilan seluruh karyawan yang enggan disebutkan namanya, saat di konfirmasi awak media Journalnews.co.id menjelaskan perkembangannya. 



"Kami sempat bikin surat pernyataan yang disaksikan oleh pihak kepolisian Polsek Bojong Picung, namun setelah mengetahui isi surat pernyataan, kami bermusyawarah bersama seluruh karyawan ternyata banyak kejanggalan yang tidak sesuai dengan fakta yang ada." ungkapnya. 



"Adapun sebagai tuntutan kami yaitu minta dibayar upah kerja selama 2 bulan, tunjangan hari raya (THR) dan uang administrasi disaat masuk kerja sesuai yang dijanjikan Saudara Oman/ para Direksi selaku pimpinan Perusahaan PT. ACS  sewaktu lagi di konfirmasi pada Rabu (12/05/21) di ruangan kantornya. Tetapi setelah kami membaca surat pernyataan yang isinya berjanji akan membayar gaji karyawan pada tanggal (02/06/21) dengan jaminan sebidang tanah dan sartifikat hak milik nomor 01494 atas nama Otang dengan surat ukur nomor 00781/ Cikande/2018. Berlokasi di Kampung Cikande Desa Cikande Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat, sebagai karyawannya, kami dan juga rekan-rekan pekerja dari mulai staf sampai security sangatlah keberatan dengan alasan jumlah seluruh karyawan bukan 45 orang melainkan kurang lebih 104 karyawan." tambahnya. 


"Bahkan dari awal masuk pendaftaran uang administrasi pun kami semua serahkan ke salah seorang pengepul yang kemungkinan orang yang di tugaskan oleh pihak pimpinan PT. ACS bahkan orang tersebut mengiming - ngiming atau menjanjikan akan sejahtra kalau kerja di sini," ujarnya.



Gambar : Surat pernyataan yang ditandatangani oleh pimpinan  PT. ACS 


"Pada hari senin (17/05/21) salah satu karyawan sempat kompirmasi ke pihak kepolisian polsek bojong picung untuk mempertanyakan dan menjelaskan yang sebenarnya tentang kewajiban dari pertanggung jawaban dari pihak PT. ACS terhadap seluruh karyawannya yang berjumlah kurang lebih 104 orang, tetapi yang tercantum di surat pernyataan hanya 45 orang saja dan pihak pimpinan PT. ACS pun sangat susah saat di hubungi atau di telpon. Pertanyaan kami apakah yang 45 orang karyawan menjadi sebagai perwakilan dari 104 orang ???... Apakah hanya 45 orang saja yang akan di bayar pihak PT. ACS ???... Lalu setelah adanya petunjuk dari pihak kepolisian polsek Bojong Picung dengan arahan untuk melanjutkan pelaporan ke pihak kapolres Cianjur apabila pihak dari PT. ACS tidak koopratif dan tidak bertanggung jawab atas hak dan kewajiban terhadap seluruh karyawannya, kami dan seluruh karyawan berjanji akan menuntut hak kami sesuai yang dijanjikan PT. ACS dan apabila tidak bertanggung jawab, kami dan seluruh karyawan akan menempuh jalur hukum yang berlaku." pungkas karyawan kepada awak media. (H.Asep MR/ Rafli.H)


No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update