-->

Notification

×

Ciri Whatsapp Dibajak dan Disadap

Sunday, 6 June 2021 | 15:51 WIB Last Updated 2021-06-06T08:51:39Z
Gambar: Ilustrasi Whatsapp diretas.

Jakarta, journalnews.co.id - Para pengguna Whatsapp benar-benar harus memperhatikan akun miliknya ini. Sebab dengan posisinya sebagai salah satu aplikasi tukar pesan yang paling banyak digunakan di dunia, banyak juga bahaya yang mengintai para pengguna aplikasi ini.

Aplikasi ini menggunakan teknologi end-to-end encryption, teknologi yang hanya mengizinkan pemilik akun yang bisa mengakses data dan pesan yang ada dalam satu akun Whatsapp.

Namun sayangnya teknologi ini tidak menghindarkan para pengguna Whatsapp dari pembajakan akun dari pihak yang tidak diketahui.

Lalu bagaimana mengenali akun Whatsapp disadap dan dibajak? Berikut tanda-tandanya:
1. Keluar Sendiri dari Akun WhatsApp
Jika akun secara tiba-tiba keluar sendiri itu bisa jadi tanda yang pertama. Sebab WhatsApp belum memungkinkan penggunanya memiliki akun yang sam
a dalam dua ponsel secara bersamaan.
Saat nomor WhatsApp digunakan di perangkat lain, akan ada kode OTP yang masuk dalam nomor terdaftar, Jika ada SMS masuk berisi OTP dan akunmu keluar dari aplikasi bisa jadi nomor ponsel sudah dikloning oleh para pelaku kejahatan.

2. Pesan Telah Terbaca
Sebuah pesan yang belum pernah dibaca namun terlihat sudah terbaca, kemungkinan WhatsApp telah dikloning. Dua centang biru sebagai tanda pesan terbaca sebenarnya bisa dinonaktifkan dalam pengaturan. Namun jika diaktifkan maka pengguna tak bisa melihat apakah pesan telah terbaca atau belum.

3. Tiba-tiba Mengirim Pesan
Jika ada pesan yang tidak pernah kamu kirimkan dan terkirim ke sebuah kontak, ini jadi tanda berikutnya akun WhatsApp sudah diretas.

4. Online Padahal Non-Aktif
Selalu ada tanda online pada kontak kita yang bisa dilihat oleh orang lain. Namun menjadi masalah, jika tanda tersebut muncul namun kita tidak membuka WhatsApp di ponsel maupun WhatsApp Web.

5. Log Perangkat Tidak Dikenal
Tanda ini bisa kamu temui di WhatsApp versi Web. Jika ada perangkat yang tidak dikenal, segera tutup akses perangkat itu. (LBn)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update