-->

Notification

×

KOMNASDIK DPW Jabar Resmi Dilantik, Siap Sinergi Mendidik Bangsa Membangun Negara

Friday, 11 June 2021 | 08:59 WIB Last Updated 2021-06-11T04:39:04Z





Foto: Komisi Nasional Pendidikan (Komnasdik) DPW Jawa Barat, setelah dilantik tantangan berikutnya adalah pembetukan 27 Kepengurusan Komnasdik DPD seluruh Kota dan Kabupaten di Jawa Barat. Ini menjadi komitmen utama dari jajaran pengurus DPW yang baru saja dilantik.


BANDUNG, journalnews: Pelantikan Komisi Nasional Pendidikan (KOMNASDIK) Indonesia Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Provinsi Jawa Barat Periode 2021-2026 telah dilaksanakan di Fox Haris Lite Hotel, Metro Indah Mall, Soekarno Hatta, Bandung Jawa Barat pada Kamis, (10/06) dengan penuh khidmat. Terbentuknya KOMNASDIK DPW Jawa Barat tidak terlepas dari peran dan kiprah para akademisi Jawa Barat lintas disiplin ilmu dan juga lintas Perguruan Tinggi dengan spirit dan cita-cita yang sama yakni mewujudkan sistem pendidikan Jabar yang unggul, humanis, integratif, kompetitif, dan religius. Hal ini seperti yang dikemukakan oleh Sekretaris Definitif KOMNASDIK DPW Jawa Barat, Dr. H. Iyad Suryadi, MM.



"Terbentuknya Komnasdik DPW Jawa Barat tidak terlepas dari peran dan kiprah para akademisi Jawa Barat lintas disiplin ilmu dan juga lintas Perguruan Tinggi dengan spirit dan cita-cita yang sama yakni mewujudkan sistem pendidikan Jabar yang unggul, humanis, integratif, kompetitif, dan religius. Komnasdik ini akan bersinergi dengan pemerintah dalam mengupayakan dan mengawal sistem pendidikan yang berkualitas demi terciptanya SDM yang paripurna, yakni manusia yang sadar akan dirinya, berdaya, sekaligus mampu memberikan manfaat untuk orang lain dan masyarakat Jabar pada umumnya. Sistem pendidikan yang baik diharapkan akan menciptakan SDM yang baik pula, dan Komnasdik saya yakin akan mampu menjadi mitra terbaik pemerintah kini dan nanti." jelas Iyad Suryadi saat diwawancarai pasca pelantikan. 


Hal senada juga dikemukakan oleh Bendahara Komnasdik Jabar, Dr (Cd). H. Hoerul Umam, M.Pd.,MM. Menurutnya saat ini Jawa Barat akan lebih dinamis lagi dalam membangun Sistem Pendidikannya, karena Komnasdik telah hadir ditengah Publik masyarakat Jabar dan siap mengawal pendidikan di 27 kota dan kabupaten se-Jabar.




"Provinsi Jawa Barat akan lebih dinamis lagi dalam membangun Sistem Pendidikannya, karena Komnasdik telah hadir di tengah Publik masyarakat Jabar dan siap mengawal dan membangun sistem pendidikan yang baik di 27 kota dan kabupaten se-Jabar. No educations, no economic, no economic no states (tidak ada pendidikan maka tiada ada yang namanya ekonomi, dan ketika tidak ada kekuatan ekonomi maka tidak ada juga negara), semua hal akan sangat berkait erat dengan pendidikan sebagai fondasi uatama dan pertama." jelas Hoerul Umam menegaskan disela-sela makan siang pasca pelantikan kemarin (10/06).


Dalam sambutannya Ir. Sudarmaji, MM., Ph.d, yang juga Ketua Dewan Pengawas Komnasdik Indonesia menyebutkan bahwa tantangan ke depan harus dibentuk DPD di tiap kota dan Kabupaten diseluruh Jawa Barat. Jabar dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia merupakan provinsi yang berpotensi besar untuk menyumbangkan SDM berkualitas bagi negeri ini, dan kehadiran Komnasdik akan berperan besar dalam melahirkan masyarakat berkualitas, selain itu Komnasdikpun harus menjadi mitra pemerintah dan sinergi dengan semua program-program yang telah dicanangkannya. 


"Komnasdik harus tanggap dalam kemajuan pendidikan di Indonesia, terlebih Jawa Barat sebagai Provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak supaya negeri ini semakin tambah maju dan diperhitungkan oleh bangsa lainnya. " ungkap Sudarmaji menegaskan. 


Iapun menambahkan sekaligus menegaskan bahwa Komnasdik Indonesia sebagai lembaga Independen, berkomitmen menjadi mitra pemerintah yang berperan dan berfungsi sebagai lembaga pengawasan dan pengkajian terhadap pelaksanaan kebijakan sistem pendidikan nasional di negeri ini.  


"Kita pertegas Komnasdik Indonesia ini sebagai lembaga Independen. Berkomitmen menjadi mitra pemerintah yang berperan dan berfungsi sebagai lembaga pengawasan dan pengkajian terhadap pelaksanaan kebijakan sistem pendidikan nasional (Sisdiknas). Pendidikan menjadi salahsatu parameter baik dan buruknya suatu bangsa, sekaligus sebagai indikator Human Development Indek (IPM) selain kesehatan dan ekonomi. Sistem pendidikan yang ideal harus terus kita gagas dan kita perjuangkan tanpa mengenal lelah, demi besarnya bangsa dan negeri ini." pungkas Dewan Pengawas Dewan Pimpinan Nasional (DPN) KOMNASDIK Indonesia.





Hal senada dikemukakan juga oleh Ketua KOMNASDIK DPW Jawa Barat Dr. H. Asep Dadang, M.Pd.  Dalam sambutannya ia menyatakan bahwa kehadiran KOMNASDIK di Provinsi Jawa Barat diyakini akan mampu menjadi mitra pemerintah daerah dalam mengawal keberlangsungan pendidikan, baik dari perspektif konsep ideal pendidikan ataupun dari sisi praktis pendidikan sebagai sebuah sistem pendidikan yang diterapkan di satuan-satuan unit pendidikan di seluruh Jawa Barat. 



"InshaAlloh, KOMNASDIK DPW Jawa Barat akan senantiasa sinergi menjadi Mitra terdepan Pemerintah Daerah dalam turut mewujudkan dan memajukan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya masyarakat Jabar. 27 Kabupaten dan Kota se-Jabar sudah bersiap menunggu komando untuk segera dibentuk dan dikukuhkan kepengurusan Komnasdik Kota dan Kabupaten. Kehadiran Komnasdik ini saya yakin dapat berkontribusi besar menjadi solusi yang solutif dan konstruktif terhadap ragam permasalahan pendidikan Jabar selama ini." tegas Ketua Komnasdik Jabar menegaskan dengan nada penuh semangat. 


Kyai Asep, demikian sapaan akrab Ketua Komnasdik DPW Jabar, menambahkan bahwa Struktur Kepengrusan Komnasdik Jabar yang berjumlah lebih kurang 26 orang Pakar Pendidikan dari berbagai latar belakang disiplin ilmu dan Perguruan Tinggi ternama, dengan kualifaikasi dan keunggulan serta pengalaman masing-masing yang begitu mumpuni, diharapkan dapat menjadi investasi awal dalam mengawal sistem pendidikan yang paripurna demi mewujudkan Pendidikan Jawa Barat yang humanis, integratif, kompetitif, dan religius. 


"Struktur Kepengurusan Komnasdik Jabar yang berjumlah lebih kurang 26 orang Pakar Pendidikan dari berbagai latar belakang disiplin ilmu dan Perguruan Tinggi ternama, dengan kualifaikasi dan keunggulan serta pengalaman masing-masing yang begitu mumpuni, diharapkan dapat menjadi investasi awal dalam mengawal sistem pendidikan yang paripurna demi mewujudkan Pendidikan Jawa Barat yang humanis, integratif, kompetitif, dan religius. Jawa Barat ini rumah kita dan harus kita mumule, kita jaga, kita rawat, dan kita perjuangkan dengan menghadirkan sistem pendidikan yang baik." pungkasnya dengan suara tegas dan optimis. 


Teristimewa pada pelantikan KOMNASDIK DPW Jawa Barat Periode 2021-2026 kali ini, dihadiri oleh seluruh Dewan Pendiri dan juga Unsur Pimpinan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) KOMNASDIK Indonesia. (Andris/ RM)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update