-->

Notification

×

BPD Cileungsing Cikakak Kab. Sukabumi Awali Giat Bulan Bhakti Gotong Royong

Friday, 25 June 2021 | 19:41 WIB Last Updated 2021-06-25T13:35:08Z



Kab. Sukabumi, Journalnews.co.id - Kabupaten Sukabumi bekerja sama dengan Pemerintah Desa Cileungsing menggiataktifkan seluruh elemen lembaga kemasyarakatan yang ada di Desa Cileungsing (LPMD, PKK, KARANG TARUNA, KADER POSYANDU, KEPALA DUSUN, RW/RT, dan lembaga lain, beserta segenap elemen masyarakat) dengan menggiat rutinkan jumsih (jum'at bersih) sesuai anjuran Bupati Sukabumi.


Adapun kegiatan JUMSIH pertama yang dilaksanakan pada hari Jum'at (25/06/21) yaitu di Dusun II Cileungsing dengan pembagian wilayah: 1. Penyiangan jalan kampung Cipinang, 2. Penyiangan jalan kampung Cibitung, 3. Penyiangan jalan kampung Cileungsing dan pembersihan halaman taman posyandu Melati serta pembersihan jalan gang Desa.

Pembagian wilayah tersebut guna mencegah banyaknya kerumunan sehingga satu lokasi hanya dikerjakan sekitar 15 orang, dilaksanakan mulai pukul 08.00 - 10.00 Wib dengan hasil Alhamdulillah cukup memuaskan.

Disela pelaksanaan pekerjaan ketua pelaksana Bulan Bhakti gotong royong Desa Cileungsing Cikakak, Saudara Adeng Menyampaikan, "bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutin setiap Tahun sekaligus berkaitan dengan adanya program ODF (Open Defecation free) yang mana Desa Cileungsing menjadi salah satunya Desa pelaksa ODF Di kabupaten Sukabumi, maka untuk kegiatan selanjutnya disamping pemeliharaan kebersihan dan kesehatan yang akan di perhatikan yaitu masalah sanitasi dan penanganan sampah," tuturnya kepada awak media. 
   
Sementara ditempat yang berbeda ketua BPD Cileungsing menyampaikan, "bahwa untuk kegiatan bulan Bhakti gotong royong yang akan menunjang program ODF sebagai mana ketentuan bukanlah pekerjaan yang mudah kami harus bekerja keras bagaimana mengajak warga untuk merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan hidup bersih dan sehat dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sekaligus penerapan protokol kesehatan guna pencegahan penularan covid-19 sebagaimana anjuran pemerintah. Belum lagi bagaimana penanganan sampah yang memang sulit diatasi karena rendahnya tingkat kesadaran masyarakat." tuturnya.

"Namun demikian kami selaku Badan Permusyawatan Desa (BPD) selalu berupaya melaksanakan tupoksinya mungkin dalam hal ini sesuai aspirasi dari kalangan pemuda karang taruna bahwa karang taruna siap mendukung program khususnya dalam penanganan sampah dimana pengelolaan sampah bisa diatasi dengan berbagi cara seperti pelatihan penanggulangan sampah atau studi banding kepada Desa yang sudah berhasil melakukan penanganan sampah sehingga karang taruna Desa bisa berdaya guna dan berhasil guna," tutur ketua BPD (R. E. Sutrisna.

Ketua kader posyandu Saudari Tuti Heryati dan beberapa ketua RT serta perwakilan karang taruna mengatakan, "kami akan selalu mendukung program pemerintah apalagi dibidang kesehatan dan kebersihan karena itu adalah merupakan kewajiban dalam kehidupan sosial di masyarakat namun kami mengharap adanya perhatian pemerintah serta peran pemerintah Desa khususnya untuk tidak bosan-bosannya mengajak dan memberi suri tauladan bagi kami warga masyarakat yang insyaallah sadar hukum." tuturnya sambil tersenyum.

Tambah kepala Dusun II Cileungsing  saudara Dian, "bahwa kami mengucapkan terimakasih yang setinggi tingginya atas peran serta masyarakat mendukung dan memberikan support kepada kami mudah-mudahan segala Amal Bhakti menjadikan pahala untuk kita semua dan harapan yang di sampaikan kepada kami khususnya pemerintah Desa Cileungsing akan kami perhatikan dan insyaallah akan di bahas dalam Musdus untuk selanjutnya dibahas di murenbangdes sampai pada penentuan program prioritas guna memenuhi kebutuhan masyarakat Desa". Pungkasnya (W.S)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update