-->

Notification

×

Bangun Sinergitas Dengan Alumni, Jurnalistik FDK UIN Bandung Gelar Silaturahmi Virtual

Friday, 11 June 2021 | 13:53 WIB Last Updated 2021-06-11T07:40:55Z

Gambar: Hasil schreenshoot silaturahmi alumni Jurusan Ilmu Komunikasi Bidang Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 

BANDUNG, journalnews.co.id - Upaya mempererat kembali dan menumbuhkan sinergitas dengan para alumi, Jurusan Ilmu Komunikasi Bidang Ilmu Jurnalistik Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, menggelar silaturahmi virtual alumni, Jum'at (11/6/21).


Silaturahmi virtual alumni ini dibuka oleh Wakil Dekan III FDK-UIN-SGD Bandung, Dr.H Dadan Suherdiana,M.Ag.  Dalam sambutannya Dadan mengatakan, keberadaan alumni sama pentingnya dengan elemen dan pengelola Jurusan Ilmu Komunikasi Bidang Ilmu Jurnalistik. 


“Artinya, Jurusan Ilmu Komunikasi Bidang Jurnalistik tentu saja menjadi rumah bagi alumni juga sehingga menjadi satu rumah dalam mengembangkan Jurusan Ilmu Komunikasi khususnya di bidang Kajian Ilmu Jurnalistik,” ujar Dadan.


Menurut Dadan, selama ini di Fakultas Dakwah dan Komunikasi  khusus di Jurusan Ilmu Komunikasi Bidang Kajian Ilmu Jurnalistik pengakuan terhadap alumni bisa diiplementasikan dalam dua aktivitas yaitu melalui Ikatan Alumni Jurnalistik dan melalui pusat karir. 


“Dari pusat karir inilah aktivitas para alumni bisa terlacak dengan baik.” ujar Dadan.


Sementara menurut Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Dr.H. Darajat Wibawa, M.Si, kedudukan alumni Jurusan Ilmu Konsentrasi Bidang Kajian Ilmu Jurnalistik merupakan sebuah sistem yang tidak bisa dipisahkan. Alumni memiliki peran dalam mengembangkan Jurusan Ilmu Komunikasi Bidang Kajian Utama Ilmu Jurnalistik. 


“Eksestesi alumni juga merupakan tolok ukur mengenai kredibilitas Jurusan Ilmu Komunikasi Bidang Kajian Ilmu Jurnalistik. Ketika alumni mempunyai prestasi, maka akan memberikan konstribusi sisi positif terhadap kualitas Jurusan Ilmu Komunikasi khususnya Bidang Kajian Ilmu Jurnalistik,” ujar Darajat.


Lebih jauh Darajat mengatakan,  dalam borang akreditasi keberadaan alumni memiliki porsi yang cukup besar, mulai dari jenis pekerjaan, proses kerja, prestasi, etika, dan lain-lain. Jika semua itu berkontrubusi positif maka akan meningkatkan citra jurusan.


Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Bidang Kajian Ilmu Jurnalistik, FDK-UIN-SGD, Dr.Enjang Muhaimin, M.Ag, mengatakan,  alumi sebagai jembatan informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa terutama dalam perluang jenjang pekerjaan, jobtraening maupun ekativitas lainnya.


Menurut Enjang, selama ini peran alumni Jurusan Ilmu Komunikasi Bidang Kajian Jurnalistik sangat luar biasa dalam memberikan dorongan positif  terhadap aktivitas kemahasiswaan.


Sementara Menurut Ketua Ikatan Alumni Jurnalistik, Adri Ozi, sampai sejauh ini, para alumni Ilmu jurnalistik sudah mengimplementasikan  apa yang diamanatkan kepada alumni. Bahkan sudah memberikan dukungan yang nyata dengan memberikan dukungan terhadap mahasiwa dalam mengembakan program-programnya.


“Namun nampaknya, keterikatan antara pengelola prodi dengan alumni tidak cukup hanya sampai disitu, tetapi perlu kemunikasi dua arah yang terbentuk sehingga terjalin sinergitas yang positifm antara alumni dengan Konsentrasi Ilmu Jurnalistik,” ujar Andri.(Jajang Fauzi) 

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update