-->

Notification

×

Sedia Dapur Umum Sambung Kebutuhan Pokok Penyintas Longsor Cianjur

Sunday, 6 June 2021 | 21:49 WIB Last Updated 2021-06-06T14:53:56Z
Gambar: Dapur umum untuk penyintas longsor Cianjur.

Cianjur, journalnews.co.id - Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa berkolaborasi bersama Taruna Siaga Bencana (TAGANA) gelar Dapur Umum untuk penyintas longsor Cianjur (6/6/2021). Sebelumnya, intensitas hujan yang tinggi sejak Kamis sore (3/6/21) hingga Jumat dini hari (4/6/21), menyebabkan tebing setinggi 70 meter di belakang perkampungan warga mengalami pergerakan dan longsor. Akibat longsor yang melanda dua desa, Desa Girimulya dan Cibokor.
Gambar: Salah satu anggota Taruna tengah menyiapkan bahan pangan untuk diolah.


Sebagian warga mengungsi ke Pesantren Assalam, Kp. Cibitung Muara RT/RW: 02/03, dan Madrasah Ibtidayah Persis 56, Kp. Cibitung Muara RT/RW: 02/02, Ds. Cibokor, Kec. Cibeber, Kab. Cianjur. Sedangkan yang lain mengungsi ke rumah sanak keluarganya di desa lain.

"Kita support Dapur Umum yang sebelumnya sudah dibuka oleh TAGANA. Kita beli beberapa bahan makanan yang diperlukan, kemudian tim TAGANA yang mengolah menjadi makanan," terang Taqi Falsafati selaku Tim Respon DMC Dompet Dhuafa untuk Cianjur.

Asep selaku Koordinator Dapur Umum TAGANA menuturkan setiap waktu makan, memproduksi kurang lebih 400 porsi makanan." Alhamdulillah kita juga dibantu oleh relawan setempat seperti ibu-ibu PKK untuk memasak," jelasnya.


Selain Dapur Umum, Pos Hangat juga masih digencarkan di Madrasah Ibtidayah Persis 56. Sehingga kebutuhan pokok pakan penyintas menjadi lebih maksimal.

Untuk mempermudah koordinasi Dompet Dhuafa juga membuka Posko Dompet Dhuafa yang beralamat di Kp. Hanjawar RT/RW : 05/02, Ds. Cikondang, Kec. Cibeber, Kab. Cianjur.

Tentang DMC Dompet Dhuafa

Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa adalah Lembaga Semi Otonom Dompet Dhuafa yang berperan sebagai garda terdepan dalam pengelolaan bencana, baik di dalam maupun luar negeri. DMC Dompet Dhuafa secara resmi berdiri pada tanggal 25 Maret 2010, DMC hadir dengan tugas pokok pengelolaan kebencanaan pada masa sebelum terjadi bencana (pra bencana) melalui kampanye Pengurangan Resiko Bencana (PRB) dan membangun unit yang tangguh untuk menangani bencana, saat terjadi bencana (tanggap darurat) dengan respon bencana dan setelah terjadi bencana (pasca bencana) dengan pemulihan. (TM)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update