-->

Notification

×

Profil Pangdam Siliwangi, Mayjen Agus Subiyano

Wednesday, 4 August 2021 | 12:36 WIB Last Updated 2021-08-04T05:36:47Z
Gambar: Mayjen Agus Subiyanto.

Jakarta, journalnews.co.id - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto merotasi jabatan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), Mayjen Agus Subiyanto menjadi Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi atau Pangdam Siliwangi pada Selasa (3/8) kemarin.
Agus menggantikan Mayjen Nugroho Budi Wiyanto yang kini ditugaskan sebagai Irjenad.

Pria kelahiran Blitar, Jawa Timur ini merupakan sosok perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat yang berkiprah di kesatuan Infanteri atau Kopassus.

Brigjen Tri Budi Utomo, Wadanjen Kopassus Jadi Danpaspampres
Dia lulus dari Akademi Militer pada 1991 dan memulai karier jabatannya sebagai Komandan Batalyon 22, Grup 2 Kopassus. Sebagai prajurit korps baret merah, dia tergolong banyak menjabat sebagai perwira di luar kesatuan.

Usai menjabat sebagai Kepala Penerangan Kopassus, dia bertugas sebagai Komandan Kodim 0735/Surakarta pada 2009. Kemudian ditarik kembali sebagai Wakil Asisten Operasi Divisi 2 Kostrad pada 2011.

Jenderal bintang dua ini kemudian dipindah sebagai Asisten Operasi Kasdam I/Bukit Barisan pada 2014. Sebelum akhirnya dia bertugas menjadi dosen madya di SeskoAD.

Pada 2017, Agus menempati jabatan sebagai Komandan Resimen Induk Kodam II/Sriwijaya dan Komandan Korem 132/Tadulako. Di jabatan ini, Agus dihadapkan oleh bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Setelah itu, Agus dimutasi menjadi Wadanpussenif Kodiklatad dan Komandan Korem 061/Suryakancana pada 2020.

Di tahun itu, Agus dipercaya untuk mengomandoi kesatuan TNI yang kerap disebut sebagai tameng hidup Presiden.

Sebagai seorang Danpaspampres, Agus tercatat vokal dalam membela anggota di kesatuannya. Misalnya, saat anggota Paspampres terlibat cekcok dengan anggota polisi di pos penyekatan Darurat, Jakarta Barat pada 7 Juni lalu.

Kejadian itu berujung penggerudukan Mapolres Jakarta Barat oleh puluhan anggota Paspampres untuk mencari polisi yang bernada sinis saat memeriksa anak buahnya di pos penyekatan itu.

"Anggota Saya yang datang ke polres ingin meyakinkan apakah oknum yang bicara di video 'kalau kamu Paspampres memang kenapa?' Sudah diberi peringatan oleh atasannya" pungkasnya. (LBN)

No comments:

Post a Comment

Halaman Facebook

×
Berita Terbaru Update