Pelembungam Suara C1 diperoleh 35 Suara

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Pelembungam Suara C1 diperoleh 35 Suara

April 29, 2019
{[["①","❶"],["②","❷"],["③","❸"],["④","❹"],["⑤","❺"]]}

ACEH - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aceh Utara, melaporkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Seunuddon ke Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam), Minggu (28/4/2019).


Koordinator Daerah Pemilihan (Dapil) VI PKS, Zulkifli kepada Kongkrit.com Minggu (28/5/2019).menyebutkan, partainya menduga terjadi praktik curang berupa penggelembungan suara, salah satunya terjadi di PPK Seunuddon.


“Di TPS 03,04,05 Desa Manekawan terjadi pengelembungan suara berdasarkan C1 hanya memperoleh 35 suara. Tetapi direkap di kecamatan atau DA1 partai tersebut diduga memperoleh 115 untuk partai Amanat Nasional (PAN) atas caleg DPRK tertentu" Ujar Zulkifli.


Dikatakan Zul, kita juga menemukan pengelembungan suara di 13 desa lain, karena hasil C1 kita dengan hasil pleno dan C1 saksi berbeda dengan rekap PPK dan baru kita ketahui ketika pendatanganan hasil pleno kecamatan oleh saksi kita.

" Yang kita temukan di Seunuddon ada 3 kasus, pertama, kotak suara tanpa tersegel, itu terjadi di saat rekap kecamatan yang di saksikan juga oleh semua saksi partai politik, yang seharusnya kotak suara di buka saat terjadinya perbedaan dari C1 saksi dengan rekap kecamatan" Ungkap Zulkifli.

Zulkifli menyebutkan, temuan yang kedua ada indikasi lain, seperti penambahan suara untuk partai politik lokal (Parlok) sebanyak 81 suara dan ada juga suara PKS di TPS 18,19 desa Paya Dua Uram yang di kurangkan.


" C1 yang ada sama kita sudah kita cocokan dengan C1 di panwas sama dengan C1 dari kita dan begitu juga dengan dengan partai politik lainnya sama semuanya, yang beda hanya di DA1 PPK" Pungkasnya.



Laporan: Sayuti